4 Desainer Indonesia Unjuk Gigi di NYIFW 2023 Kenalkan Tenun Nusantara
Desiner Indonesia unjuk gigi di FIT di ajang NYIFW 2023 (Instagram @newyorkindonesiafashionweek)

Bagikan:

JAKARTA - New York Indonesia Fashion Week alias NYIFW 2023 telah berlangsung sejak 6 September. Sebanyak 4 4 desainer asal Indonesia ikut ambil bagian tampilkan karya mereka yang digelar di Fashion Institute of Technology (FIT).

"Tanggal 7 September showcase di Fashion Institute of Technology," kata founder sekaligus produser NYIFW, Vanny Tousignant, dikutip Minggu, 10 September.

Vanny menjelaskan keempat desainer memperkenalkan kain tenun kepada dunia internasional saat unjuk gigi di FIT.

Ia juga menyampaikan empat desainer ini tidak hanya sekedar melakukan fashion show tetapi sekaligus untuk memberikan edukasi.

"Jadi memilih dari 7 desainer hanya bisa mengambil 4 desainer saja. Yang dilihat ini bukan soal kepintaran mendesain busana tapi penguasaannya atas kekayaan wastra nusantara. Apakah kain nusantara yang mereka bawa ke New York? Itu kriteria untuk masuk Fashion Institute of Technology during NYIFW ini. Tadinya saya ingin lima desainer tapi ternyata hanya empat desianer yang qualified sesuai kriteria FIT ini," kata dia.

"Empat desainer ini bukan dilihat bagaimana dia mendesain busana tapi apa yang mereka bawa dari Indonesia ke New York. Dari daerah mana tenun itu berasal dan originalitasnya, keasliannya seperti apa. Jadi sudah kelihatan jati diri NYIFW ini, bahwa kita tidak hanya membawa desainer untuk fashion show di New York saja lalu pulang lagi ke Indonesia, tapi kita juga ingin mengedukasi masyarakat Amerika soal kekayaan wastra nusantara, batik dan tenun Indonesia. Ini kesempatan emas mempromosikan wastra nusantara ke dunia,” sambungnya.