Bagikan:

JAKARTA - New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) 2024 kembali menggema pada saat New York Fashion Week di bulan September 2024. NYIFW digelar selama dua hari, 6-7 September. Ini adalah acara fashion show ke 16, during Fashion Week di New York.

Hari pertama, 6 September, NIFW diselenggarakan di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, dengan menampilkan Angklung Anvaya dan Kembalikan Baliku.

"Kami menghadirkan seluruh designer yang datang langsung dari Indonesia. Ada juga tamu kehormatan kami yaitu Ibu Puti Guntur Soekarno sebagai founder dari Kembalikan Baliku," ujar Founder sekaligus Produser NYIFW, Vanny Tousignant dalam keterangan media, Selasa, 10 September.

Acara di hari kedua tanggal 7 September bertempat di venue kami , kali ini di 128 East 28th Street, New York 10016.

Acara dibuka dengan penampilan tarian Garuda yang membawa bendera Sang saka merah putih, dengan iringan angklung yang memainkan lagu Tanah Airku. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tarian Legong Bali.

"Acara ini mendapatkan banyak pujian dari para pengamat fashion, budayawan dan pengamat seni di New York. Kami juga menampilkan Yuyun George, pemain saxophone Indonesia," kenang Vanny Tousignant.

Sebagai pembuka, designer dr Rosaline Rumaseuw tampil perdana. Kemudian dilanjutkan dengan designer cilik indonesia asal Bandung, Michelle Liu yang berumur 15 tahun.

"Designer ke-3 kami datang langsung dari Belgia, Ziana Kaoutar Chaoui. Designer ke-4 kami Catherine Liu, designer berumur 10 tahun, yang tidak lain adalah adik dari Michelle Liu sendiri. Lanjut dengan designer Joko SSP dan Arista yang membawakan design elegan," katanya.

Vanny berharap NIFW dapat menjadi pilihan bagi para designer muda dari daerah daerah di seluruh Nusantara. Designer Zuebarqa by Benz dari Bandung menjadi penutup dengan menampilkan kebaya modern.

"Semua designers kami mempunyai ciri khas sendiri yang sangat authentic dengan Indonesia melalui kain yang digunakan, assesoris dengan warna khas Nusantara," jelas Vanny.

Ibu Puti Guntur Soekarno dan para tamu undangan dari fashion industry turut hadir di hari NIFW hari kedua. "Tamu kami berdatangan dari beberapa tempat di Amerika, seperti dari Washington DC, Connecticut, New Jersey , Delaware, Pennsylvania, artinya ada banyak potensi yang bisa ditangkap usai fashion show. Kami sangat bangga, karena kami dapat menampilkan bukan saja fashion, tetapi juga budaya dan culture Indonesia di antara ajang bergengsi New York Fashion Week," tutupnya.