9 Masakan Lebaran yang Murah untuk Hidangan Makan Bersama Keluarga
Ilustrasi masakan lebaran murah untuk makan bersama keluarga (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Lebaran bersama keluarga, kurang hangat tanpa makanan yang dihidangkan di meja makan. Di samping camilan yang berderet di meja ruang tamu, Anda dan keluarga bisa menikmati makan bersama dengan hidangan khusus. Paling populer, hidangan saat lebaran adalah opor, lontong sayur, rendang, ataupun soto. Nah, sebagai referensi makanan lebaran yang murah, berikut daftarnya.

1. Opor labu siam

Opor kuah kuning, dibumbui kunyit. Rempah satu ini memang selain telah dimanfaatkan berabad lalu sebagai obat, juga menjadi bumbu masakan. Untuk makanan lebaran yang murah, Anda bisa mengganti daging ayam dengan bahan nabati yang menyehatkan, yaitu labu siam.

masakan lebaran murah
Ilustrasi masakan lebaran yang murah untuk makan bersama keluarga (Shutterstock)

Opor labu siam, bisa dikreasikan dengan campuran bahan lain. Misalnya ditambahkan tahu kuning, atau tempe. Untuk bahan rempahnya, terasa kaya karena memakai kemiri, jahe, ketumbar, sedikit merica, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan gula merah.

2. Lontong sayur Padang

Nusantara memiliki berbagai bahan makanan, termasuk untuk lontong sayur Padang ini, nangka muda diolah dengan rempah sehingga terasa mewah untuk hidangan lebaran.

masakan lebaran yang murah
Ilustrasi masakan lebaran yang murah (Shutterstock)

Meski berbahan murah, yaitu nangka muda yang direbus, dicampur dengan kacang panjang atau tambahan kol serta telur rebus, bisa menjadi sajian Istimewa di atas sepiring irisan lontong. Soal rasa tak perlu diragukan, bahan seperti daun kunyit, daun salam, daun jeruk, daun sereh, serta kemiri sangrai menghadirkan aroma yang kaya. Sayur yang khas dari Padang ini, juga memakai rempah lengkap. Seperti cengkeh, bunga lawang, kayu manis, dan pala.

3. Nasi liwet

Terdapat dua variasi nasi liwet di Jawa, yaitu nasi liwet Solo dan Sunda. Nasi liwet Solo, umumnya dihidangkan bersama sambal goreng labu siam, telur rebus, dan suwiran daging ayam opor.

masakan lebaran yang murah
Ilustrasi masakan lebaran murah untuk makan bersama keluarga (Shutterstock)

Untuk nasi liwet Sunda, umumnya nasi dimasak bersama santan untuk menghadirkan rasa gurih ditambah rempah serta lalapan daun-daunan. Bisa juga didampingi dengan ikan asin goreng atau ayam bakar.

4. Rendang tempe kentang

Bumbu rendang memang cukup dikenal di Nusantara. Untuk variasi masakan lebaran yang murah, bisa menggantikan daging dengan protein nabati, seperti tempe ditambah kentang. Untuk bumbu, masih lengkap seperti rempah yagn digunakan untuk rendang daging sapi. Hanya saja, tempe perlu digoreng terlebih dahulu.

5. Sop Senerek

Sop senerek terkenal hidangan khas Magelang yang menggunakan isian kacang merah. Bisa ditambahkan isian lain, seperti empal goreng, babat, dan perkedel. Untuk menghadirkan rasa gurih, sop senerek menggunakan iga sapi. Kacang merah segar ditemani wortel sebagai isian sayur. Uniknya, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh berpendar dalam satu mangkuk sop senerek.

masakan lebaran yang murah
Ilustrasi masakan lebaran yang murah (Shutterstock)

6. Sayur ketupat pedas

Ketupat akan lengkap jika disajikan dengan sayurnya yang sedikit pedas. Sayur ketupat berisi labu siam, kacang panjang, dan tempe ini, berwarna kemerahan karena memakai cabe merah keriting yang dihaluskan. Untuk menambah rasa, ebi tak boleh lupa dimasukkan dalam bumbu halusnya. Buat sayuran ini memiliki rasa sempurna, taburkan bawang merah goreng di atasnya.

7. Gado-gado

Terdapat beberapa versi asal dari gado-gado. Ada kisah bahwa gado-gado merupakan makanan akulturasi yang dibawa pedagang dari Portugis dan Spanyol yang pertama kali dibuat masyarakat Kampung Tugu, Cilincing, Jakarta Utara. Ada pula yang mengisahkan gado-gado berasal dari bahasa Jawa gadho, yang berarti makan lauk tanpa nasi. Dari kedua versi ini, tentu memiliki teknik memasak saus kacang yang berbeda namun sama-sama memiliki rasa sempurna. Keduanya juga mencampurkan sayuran, seperti kubis, selada, mentimun, kentang rebus, kacang panjang atau buncis.

8. Soto Kemiri

Soto kemiri adalah hidangan berkuah yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Tentu saja sesuai namanya, kemiri jadi salah satu bumbunya selain juga jintan. Cita rasa soto kemiri ini, tidak hanya lezat tetapi juga segar dan menggugah selera.

9. Gulai pakis udang

Daun pakis muda, bisa diolah menjadi makanan lebaran murah. Sebagai bahan utama, pakis harus dipilih yang masih segar dan diambil daun serta batang mudanya saja. Karena dicampurkan dengan udang dan ebi halus, gulai ini terasa unik. Selain gurih dan berempah, sedikit rasa segar yang berpendar dari gulai pakis udang ini.

Di atas merupakan referensi makanan lebaran murah yang bisa dihidangkan saat makan bersama keluarga. Adakah dari daftar di atas yang selalu disajikan saat lebaran di keluarga besar Anda?