Sedap dan Gurih, Ini 8 Variasi Makanan yang Cocok Dimakan dengan Ketupat
Ilustrasi makanan yang cocok dimakan dengan ketupat (Unsplash/Mufid Majnun)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hidangan ketupat umumnya disajikan ketika berkumpul bersama keluarga pada hari lebaran. Momen hangat ini, selain untuk bersilaturahmi juga menikmati berbagai variasi makanan. Umumnya, sayuran khusus disajikan untuk mendampingi ketupat. Tetapi yang paling cocok, ketupat enaknya dimakan bersama apa ya? Berikut, makanan yang bisa Anda nikmati bersama nasi dibungkus ketupat ini.

1. Gulai

Karena Nusantara begitu kaya dalam pengolahan makanan, gulai bisa menjadi salah satu referensi. Ada banyak sekali variasi gulai, mulai dari gulai kambing, gulai ayam, gulai itik, hingga gulai rebung. Rasanya gulai berpadu rempah sehingga terasa dominan jika menemani satu buah ketupat.

2. Telur balado

Bumbu balado cenderung pedas, ini cocok disajikan bersama ketupat. Terutama bagi Anda yang menyukai citarasa masakan yang membuat sedikit berkeringat.

3. Soto

Beberapa restoran menyediakan menu soto dengan lontong. Jika diganti dengan ketupat, tak ada yang mengubah sensasi segar nan gurihnya soto. Anda bisa membuatnya lebih variatif dengan mengganti isian, misalnya dengan daging sapi atau ayam.

4. Sayur lodeh dan bubuk kedelai

Anda tentu tak asing dengan perpaduan pasangan ini, sayur lodeh dari labu siam dan kacang panjang bertabur bubuk kedelai di atasnya. Pasangan hidangan tersebut cocok sekali jika disatukan dalam sepiring ketupat.

makanan yang cocok dimakan dengan ketupat
Ilustrasi makanan yang cocok dimakan dengan ketupat (iStockphoto)

5. Pecel

Variasi yang tak terbatas bisa Anda nikmati bersama ketupat. Termasuk pecel berbahan sayuran hijau dengan lalap mentimun dan daun kemangi. Jika Anda menginginkan makanan sehat, ini merupakan salah satu makanan yang cocok dimakan dengan ketupat.

6. Sate ayam

Opsi lain selain makanan di atas, sate ayam juga cocok dimakan bersama dengan ketupat. Pilihan ini bisa untuk hidangan acara keluarga besar. Supaya terasa lebih segar, Anda bisa menambahkan irisan bawang merah dan cabai di atas beberapa tusuk sate ayam.

7. Rendang

Banyak orang lebih menyukai rendang yang sudah dipanaskan berkali-kali karena bumbu rempahnya lebih meresap. Apalagi jika disajikan bersama ketupat, maka akan tercipta rasa unik dari perpaduan tersebut.

8. Opor ayam

Rasa-rasanya ada yang kurang jika lebaran tanpa makan ketupat dan opor. Sebab opor secara turun-temurun dimaknai sebagai ikon lebaran. Apakah makanan ini termasuk hidangan di rumah Anda seminggu ke depan?

Di atas merupakan makanan yang cocok disajikan dan dimakan dengan ketupat. Supaya lebih kaya teksturnya, Anda bisa memadu padankan beberapa variasi makanan di atas.