Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak produsen tahu di Nusantara, disambut kreativitas masyarakat dalam mengolah tahu menjadi kuliner yang beragam. Anda tentu mengenal makanan yang terbuat dari perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi.

Tahu, berasal dari Tiongkok, seperti ‘saudaranya’ kecap. Banyak pula sebutan tahu, mulai dari tofu, tauhu, dan doufu yang berasal dari bahasa Hokkian berarti “kedelai terfermentasi”. Tahu sendiri mulai disajikan di Nusantara sejak abad ke-10, lebih tua daripada tempe. Meskipun tak tercatat waktu spesifik kapan tahu mulai diproduksi massif di Indonesia, tetapi diduga makanan tinggi protein nabati ini dibawa tentara Kubilai Khan pada 1262. Itu artinya, dalam rute perdagangan Jalur Sutra, selain mutiara, sutera, permata, dan rempah, tahu juga diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia.

Sejak dahulu, tahu juga dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan lauk-pauk. Nah, berbagai variasi kuliner dari tahu juga berkembang pesat. Termasuk diantaranya, berikut makanan dari tahu yang bisa Anda nikmati rasa gurih, tekstur lembut, dan karena mengandung protein, makanan di bawah ini membuat kenyang lebih lama.

1. Ketoprak

Kuliner dari tahu di Nusantara memiliki karakter yang khas. Umumnya disajikan bersama saus kacang dengan bumbu bawang putih ditaburi bawang merah goreng. Belum lagi campuran ketupat, khususnya pada kuliner dari tahu yang kita kenal dengan sebutan ketoprak. Campuran yang banyak, termasuk taoge dan bihun, membuat hidangan ini memiliki tekstur yang kaya. Mulai dari tahu yang digoreng setengah matang memiliki tekstur lembut di dalam namun kering di luar, hingga bihun yang halus, dan ketupat yang lunak.

kuliner dari tahu khas nusantara
Ilutrasi kuliner dari tahu khas Nusantara (Freepik)

2. Tahu campur

Kalau ketoprak tak berkuah namun, namun tahu campur memiliki sedikit kuah. Kuah daging disiramkan di atas tahu goreng, taoge, mi kuning, dan perkedel kentang. Biasanya, tahu campur dilengkapi dengan kerupuk udang.

kuliner dari tahu khas nusantara
Ilutrasi kuliner dari tahu khas Nusantara (Shutterstock)

3. Tahu tek

Tahu tek banyak ditemukan di Surabaya. Kuliner dari tahu ini, memakai saus kacang dicampur petis. Warnanya cokelat tua dengan rasa yang gurih dan pedas. Isian tahu tek, selain tahu goreng dan telur dadar, juga kecambah serta ketupat atau lontong.

4. Tahu acar

Tahu acar bisa jadi pilihan saat ingin makan makanan segar nan bergizi. Tahu goreng dicampur bersama mi kuning serta mentimun potong cacah, disiram kuah asam manis pedas yang encer.

5. Tahu gejrot

Tahu gejrot berbeda dengan kuliner dari tahu sebelumnya. Ini karena isiannya hanya tahu pong goreng yang dipotong-potong. Bumbunya mentah, yaitu bawang merah diiris-iris serta cabai merah dan hijau. Kuah manis sedikit asam, merupakan saus yang membuat tahu gejrot memiliki rasa segar.

kuliner dari tahu khas nusantara
Ilutrasi kuliner dari tahu khas Nusantara (Shutterstock)

6. Tahu gimbal

Sekilas tampilan sepiring tahu gimbal mirip dengan tahu tek. Saus hitamnya memakai kecap, bukan petis. Bumbu kacang diuleg kasar sehingga tak hanya memperkaya rasa tetapi juga tekstur.

7. Tahu guling

Tahu yang digoreng setengah matang, dipotong dan dipadukan dengan ketupat, kubis iris, dan taoge. Kerupuk tak pernah lupa melengkapi kuliner dari tahu yang satu ini. Uniknya, tahu guling dilengkapi sayuran, seperti selada dan irisan seledri.

8. Batagor

Sebenarnya batagor merupakan salah satu modifikasi kuliner berbahan aci atau tepung tapioka. Namun potongan batagor diisi dengan tahu. Sausnya juga diolah secara khas sehingga sedikit berbeda dengan hidangan dari tahu lainnya. Biasanya, saus batagor dibuat tersendiri sejumlah porsi. Sambal pedas disajikan terpisah sehingga bisa ditambahkan sesuai selera.

9. Sate tahu

Seperti sate lainnya, kuliner dari tahu ini mengolah sate berbahan utama tahu. Biasanya ditambahkan isian aci dalam tahu, lalu dikukus, baru dipanggang bersama saus kacang dan kecap. Soal rasa, selain manis dan nutty, juga berpendar rasa gurih dari tahunya.

10. Siomay

Selain pangsit yang diisi campuran ikan cincang, telur, dan tepung tapioka. Sepiring siomay biasanya juga diisi tahu kukus serta pare. Semua isiannya dikukus sehingga lebih sehat. Saus kacang juga bisa disesuaikan tingkat kepedasannya.

Itulah sepuluh kuliner dari tahu yang khas di Nusantara. Selain sajian di atas, adakah olahan tahu yang khas dari daerah Anda?