Cocok untuk Program Diet, Ini Sumber Protein Rendah Lemak dan Kalori
Ilustrasi Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak (Malidate Van/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet dan ingin menambah massa otot tubuh Anda, olahraga dan mengonsumsi protein tinggi adalah kuncinya. Tetapi Anda harus memilih makanan yang mengandung protein rendah lemak, agar program diet Anda memberikan hasil yang optimal. Berikut adalah beberapa sumber protein hewani dan nabati rendah lemak yang bisa dijadikan pilihan untuk mengurangi asupan kalori harian.

Ikan

Ikan adalah makanan sumber protein tinggi dengan kadar lemak yang rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah lemak tubuh Anda bila mengonsumsi ikan sebagai lauk hewani Anda.

Bahkan, ikan mengandung jenis lemak tidak jenuh dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Satu porsi lauk ikan sekitar 25 gram atau setara dengan ukuran setengah telapak tangan Anda mengandung 50 kalori, 7 gram protein, dan 2 gram lemak.

Tahu

Tahu adalah pilihan protein nabati yang baik jika Anda menghindari atau membatasi protein hewani. Dalam 85 gram tahu terkandung 45 kalori, 1,5 gram lemak, dan 7 gram protein. Tidak hanya itu, tahu juga kaya akan asam amino esensial. Tahu memiliki berbagai jenis tekstur. Tahu dengan tekstur keras lebih cocok untuk ditumis, dipanggang, atau dikukus. Sementara itu, tahu yang bertekstur lembut dan halus lebih cocok untuk dijadikan makanan berkuah.

Edamame

Jenis kacang yang sering ditemukan dalam sajian khas Jepang ini, memiliki kandungan zat besi yang tinggi serta dapat dijadikan alternatif sumber omega-3. Diketahui bahwa 65 gram edamame mengandung 0,28 gram omega-3. Tak hanya itu, edamame juga mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral yang tinggi.