Sedang Menurunkan Berat Badan? Ketahui Seberapa Efektif Makanan Tinggi Protein untuk Program Diet
Ilustrasi protein menurunkan berat badan (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Berbagai program diet jadi pilihan dengan tujuan menurunkan berat badan. Program ini berkaitan dengan efektivitas pola makan yang tepat dalam menurunkan berat badan serta memastikan fungsi tubuh bekerja dengan normal. Salah satu yang dibuktikan oleh sains adalah seberapa efektif protein membantu Anda menurunkan berat badan.

Sebagai makronutrien, protein berperan penting dalam kesehatan dan fungsi normal tubuh. Studi dilansir Live Science, Selasa, 10 Mei, menemukan bahwa mengkonsumsi protein dapat membantu Anda kenyang lebih lama.

Menurut Jinan Banna, ahli gizi dan pendiri Jinan Banna, kenyang lebih lama memungkinkan Anda untuk menghindari makan berlebihan. Protein, bisa jadi menu dan membantu menjaga massa otot. Sebuah studi diterbitkan dalam Frontiers Endocrinology, diet tinggi protein dapat membantu kita kenyang lebih lama, menggunakan lebih banyak energi, menciptakan massa otot tanpa lemak, dan mempertahankan penurunan berat badan untuk waktu yang lebih lama.

protein menurunkan berat badan
Ilustrasi protein menurunkan berat badan (iStockphoto)

 

Dalam penelitian lain, yang diterbitkan dalam The American Sournal of Clinical Nutrition, para peneliti menemukan bahwa diet protein tinggi dapat menyebabkan pengeluaran energi yang lebih tinggi. Dengan begitu lebih banyak penurunan berat badan.

Studi ini juga memaparkan bahwa dengan jumlah kalori yang sama teapi dari diet yang berbeda dapat menimbulkan respons yang berbeda dalam metabolisme energi. Itu sebabnya, protein menjadi fokus studi karena dianggap lebih efektif membantu Anda menurunkan berat badan.

Ketika Anda mengonsumsi jumlah kalori yang sama antara menu makanan biasa dengan kalori yang berasal dari protein, Anda mungkin menggunakan lebih banyak energi dari protein. Dengan demikian penurunan berat badan lebih mungkin terjadi.

Studi lain yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa orang cenderung makan lebih sedikit makanan ringan di antara waktu makan ketika mengikuti diet protein tinggi. Selain itu, tubuh merasa lebih sulit untuk menyimpan protein sebagai lemak — jadi, dengan mengonsumsi makanan dengan lebih banyak protein, Anda mungkin menemukan bahwa tubuh Anda menyimpan lebih sedikit lemak dari waktu ke waktu.

Karena tidak ada jumlah pasti yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan, tetapi rata-rata bisa mengkonsumsi 1,8-2,9 gram protein setiap hari. Tetapi, saran Banna, Anda harus membuat menu lebih variatif. Makanan tinggi protein tak melulu hewani, tetapi harus dikombinasikan dengan makanan protein nabati. Misalnya, selain mengkonsumsi ikan dengan omega-3 atau daging, Anda perlu mengonsumsi sumber protein nabati seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan tahu.