7 Makanan Khas Lebaran di Indonesia yang Tak Boleh Absen di Meja Makan, Nomor 1 dan 3 Paling Ditunggu
Ilustrasi ketupat, makanan khas lebaran (Unsplash/Mufid Majnun)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perayaan idulfitri rasanya kurang lengkap jika tak tersaji makanan khas lebaran di meja makan.

Usai melaksanakan salat ied, biasanya umat Islam Indonesia melakukan tradisi bermaaf-maafan dan bersalam-salaman antara keluarga. Dilanjut dengan menyatap makanan khas lebaran bersama-sama.

Lantas, apa saja makanan khas lebaran di Indonesia yang tak pernah absen di meja makan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasi selengkapnya.

7 Makanan Khas Lebaran di Indonesia

  1. Ketupat dan opor ayam

Ketupat adalah makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda (janur).

Biasanya ketupat disantap bersama opor ayam—makanan berkuah yang dibuat dari dagig ayam yang direut dalam kuah santan.  

Ilustrasi opor ayam
Ilustrasi opor ayam (Foto: Amallia Eka/Pexels)

Ketupat dan opor ayam termasuk makanan yang paling dinanti saat lebaran. Makanan ini hampir tak pernah absen menjadi menu lebaran masyarakat Indonesia.

  1. Rendang

Kuliner khas Padang, Sumatera Barat ini merupakan makanan yang sudah mendunia. hidangan daging lezat ini bahkan pernah dinobatkan sebagai Makanan Terbaik dalam 50 Makanan Terbaik Dunia versi CNN pada Juli 2017 silam.  

Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi atau kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.

Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.

  1. Sambal goreng kentang ati

Sama dengan ketupat dan opor ayam, sambal goreng kentang ati juga merupakan makanan yang paling dinanti saat lebaran. Pasalnya, makanan ini cocok dipadupadankan dengan berbagai menu masakan lain khas Indonesia.

Saat lebaran, sambal goreng kentang ati kerap jadi pendamping opor ayam. Kreasi sambal goreng ini umumnya ditambahkan hati sapi untuk pelengkapnya. Jika ingin lebih ekonomis hati sapi dapat diganti dengan hati ampela ayam.

  1. Gulai sayur

Makanan khas lebaran di Indonesia yang berikutnya adalah gulai sayur. Hidangan ini bisa jadi alternatif jika Anda bosan menyantap makanan berbahan dasar daging.

Sayuran yang biasanya dibuat menjadi gulai sayur ini biasanya adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau yang lain. Bahan pembuatannya mulai dari santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan ketumbar.

  1. Serundeng daging

Selanjutnya ada serundeng daging. Makanan ini tidak boleh Anda lewatkan jika disajikan di meja makan saat lebaran.

Masakan ini memberikan kenikmatan dengan sentuhan ajaib dari rempah-rempah berbahan dasar daging sapi dan kelapa yang diparut tipis. Masakan ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan lauk tanpa terlalu banyak kuah.

  1. Semur

Semur adalah hidangan daging rebus yang diolah dengan kuah berwarna coklat pekat. Kuah semur terbuat dari dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lain.

Semur daging
Ilustrasi semur daging (Wikimedia Commons)

Semur biasanya berisi daging sapi, ayam dan kentang. Isi dari semur juga bisa bermacam-macam seperti ditambahkan tempe, telur, tahu, ikan, dan bahan lain sesuai selera.

  1. Lodeh

Lodeh adalah makanan khas Jawa Tengah yang kerap jadi hidangan saat lebaran. Makanan ini disukai banyak orang karena rasanya yang nikmat. Selain itu, proses memasak sayur lodeh juga tidak sulit.

Bahan dalam pembuatan lodeh antara lain labu siam, kacang panjang, terong, tempe, dan cabai. Bahan makanan di atas tadi sangat menyegarkan dan cocok dipadukan dengan serundeng, empal, dan telur.

Demikian informasi tentang makanan khas lebaran di Indonesia yang tak boleh absen di meja makanan. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.