Bagikan:

JAKARTA - Masakan ayam merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Masakan ini pun banyak digemari, karena rasanya lezat dan bergizi.

Pada September 2024, Taste Atlas merilis 50 daftar makanan hidangan terbaik di Indonesia. Terdapat beberapa masakan ayam terbaik dalam daftar tersebut. Berikut 5 masakan ayam terbaik, seperti dilansir dari laman tasteatlas.com.

1. Ayam Goreng

Pada dasarnya, ayam goreng di Indonesia terdiri dari potongan ayam, mulai dari bagian dada, paha atas, paha bawah, hingga sayap. Cara membuatnya, ayam mentah direndam dalam rempah-rempah. Lalu direbus sebentar sebelum digoreng hingga berwarna keemasan dan renyah.

Bumbunya biasanya berbahan dasar rempah-rempah seperti serai, lengkuas, kunyit, dan asam jawa, tetapi karena hidangan ini dinikmati di seluruh negeri. Hidangan ini tersedia dalam berbagai variasi daerah yang mungkin menyertakan rempah-rempah dan bumbu lainnya, atau berbagai tambahan seperti parutan kelapa atau tepung beras.

Semua jenis ayam goreng dapat dinikmati sebagai hidangan tersendiri, biasanya disertai dengan nasi dan sayuran segar atau salad. Ayam goreng juga merupakan lauk umum pada jamuan makan bergaya Indonesia.

2. Ayam Penyet

Hidangan Indonesia ini terdiri dari potongan ayam goreng yang disajikan dengan sambal dan cabai. Kata penyet dari nama hidangan ini berarti menekan atau mendorong, mengacu pada metode ayam ditekan dengan palu ulekan untuk membuat daging lebih empuk.

Beberapa orang ada yang melunakkan ayam setelah digoreng, sekaligus melapisinya dengan sambal. Hidangan ini disajikan dengan sambal tambahan di sampingnya, biasanya disertai dengan sayuran segar, tempe, tahu, dan nasi. Meskipun berasal dari Jawa Timur, ayam penyet ditemukan di seluruh negeri dan populer di Singapura.

3. Opor Ayam

Opor ayam Indonesia dibuat dari campuran santan dan berbagai rempah-rempah seperti serai, asam jawa, kayu manis, lengkuas, gula aren, ketumbar, bawang putih, dan bawang merah. Hidangan ini biasanya dibuat dengan potongan daging yang masih ada tulangnya seperti paha, paha bawah, atau terkadang ayam utuh yang dipotong-potong.

Hidangan ini biasanya dikaitkan dengan Jawa dan termasuk dalam kelompok hidangan opor yang menggunakan teknik merebus santan. Opor ayam biasanya dinikmati pada hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Opor ayam biasanya disajikan dengan nasi, telur rebus, atau ketupat.

4. Gulai Ayam

Gulai ayam adalah masakan gulai yang berbahan dasar ayam, hidangan asal Indonesia yang mirip kari. Gulai ayam terdiri dari potongan ayam yang direbus dalam saus pedas yang berbahan dasar santan serta berbagai rempah-rempah yang meliputi cabai, kunyit, ketumbar, jinten, dan pala, serta bawang merah, bawang putih, dan kemiri.

Hidangan ini pertama kali muncul di Padang, Sumatera Barat, tetapi sekarang dinikmati di seluruh negeri. Gulai ayam biasanya disajikan dengan nasi kukus di sampingnya.

5. Ayam Bakar

Ayam bakar adalah hidangan ayam yang berasal dari Indonesia, tetapi juga populer di Malaysia. Untuk menyiapkan ayam panggang, dagingnya direbus terlebih dahulu dalam panci dengan bumbu atau rempah-rempah. Kemudian, sausnya direduksi menjadi pasta yang dioleskan ke potongan ayam sebelum dipanggang.

Dagingnya dipanggang hingga kulitnya berubah warna menjadi gelap, tetapi tidak gosong. Setelah matang, ayam disajikan dengan nasi putih, sambal terasi, irisan tomat dan mentimun dan sedikit kecap manis.