Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda dalam hidup menghabiskan uang hanya untuk sebuah makanan hingga miliaran rupiah? Saat ini, ada beberapa makanan di dunia yang dijual dengan harga fantastis.

Biasanya, sejumlah makanan ini dijual mahal karena dibuat dari bahan-bahan yang langka. Berikut 7 makanan termahal di dunia yang berharga fantastis, seperti dilansir dari laman Cozy Meal.

1. Kaviar Almas

Kaviar almas dianggap sebagai makanan termahal di dunia. Kaviar almas disebut-sebut sebagai kaviar termahal di dunia. Kaviar almas berasal dari ikan sturgeon beluga betina berusia 60 hingga 100 tahun dari wilayah tertentu di Laut Kaspia Selatan.

Mendapatkan kaviar Almas hampir mustahil, itulah sebabnya kaviar almas ini menjadi makanan sangat mahal. Satu kilogram makanan mahal ini bisa menghabiskan biaya hampir 40.000 dolar AS atau Rp629 juta untuk dicoba.

2. Tuna Sirip Biru

Salah satu yang paling terkenal dalam daftar makanan mahal adalah tuna sirip biru. Tuna sirip biru adalah ikan berharga yang sangat populer untuk digunakan dalam masakan Jepang, khususnya sebagai bahan untuk sushi dan sashimi.

Lantaran saat ini terjadi penangkapan ikan yang berlebihan, tuna sirip biru telah menjadi spesies yang terancam punah. Hal ini membuat yang sudah mahal ini menjadi lebih fantastis lagi.

Potongan kecil tuna sirip biru dijual seharga 80 dolar AS atau Rp1,2 juta di restoran sushi kelas atas. Seekor ikan utuh bisa dijual 300.000 dolar AS atau Rp4,7 miliar di pasar ikan.

3. Sup sarang burung walet

Dikenal karena khasiat penyembuhannya, Sup Sarang Burung Walet adalah makanan mahal dan lezat di Tiongkok. Sup ini persis seperti namanya, terbuat dari sarang burung walet, yang larut dalam air dan menambahkan tekstur seperti agar-agar pada sup. Sup sarang burung walet ini harganya bisa mencapai 2.000 hingga 10.000 dolar AS atau Rp31-157 juta.

4. Semangka Densuke

Lebih dikenal sebagai "semangka hitam", makanan mahal ini jauh lebih mahal daripada semangka berkulit hijau. Semangka hitam ini tumbuh di pulau tertentu di Jepang Utara yang memiliki akses ke jenis tanah vulkanik tertentu. Hanya ada sekitar 10.000 buah ini yang ditanam setiap tahun, dengan yang terbesar dijual dengan harga mendekati 6.000 dolar AS atau Rp94 juta dalam lelang.

5. Madu Elvish

Dipetik dari kedalaman gua di Turki, madu Elvish merupakan salah satu makanan termahal di dunia karena proses rumit yang terlibat dalam memperolehnya.

Madu Elvish dibuat dari lebah yang mengumpulkan serbuk sari dari bunga liar sebelum mengubah serbuk sari tersebut menjadi cairan.

Para pemanen mengumpulkan madu pada malam hari untuk menghindari lebah hitam yang terlalu protektif dan berbahaya.

Ditambah lagi, medan yang sulit dan lokasi yang terpencil, membuat prosesnya menjadi sangat sulit. Selain rasanya yang unik, madu Elvish dijual 5.500 dolar AS atau Rp86 juta per kilogram.

6. Jamur Matsutake

Jamur matsutake adalah satu makanan termahal di dunia, pesaing yang sepadan bagi jamur truffle. Jamur Matsutake memiliki harga yang tinggi, karena harus dicari dan bukan ditanam.

Dalam beberapa tahun terakhir, panen jamur berharga ini telah menurun drastis karena jenis cacing tertentu yang merusak lingkungan tempat jamur tersebut tumbuh.

Harga jamur Matsutake mencapai 2.000 dolar AS atau Rp31 juta per kilogram. Jamur matsutake lebih lezat jika dikonsumsi beberapa hidangan seperti sukiyaki, hot pot, dan Matsutake Gohan, hidangan nasi Jepang.

7. Saffron

Saat Anda berpikir tentang makanan dan bahan-bahan mahal, mungkin yang terlintas di benak adalah saffron. Rempah mahal ini sebagian besar dipanen di Iran, tetapi akarnya berasal dari Yunani.

Saffron perlu dipanen dengan tangan, itulah sebabnya harganya sangat mahal untuk diproduksi dan dibeli. Saffron biasanya dijual dengan harga antara 10 dan 20 dolar AS (Rp157-314 ribu) per gram.

Saffron merupakan bahan yang nikmat dan biasanya digunakan sebagai pewarna atau bumbu untuk berbagai masakan. Bahan mahal ini tersedia dalam beberapa tingkatan, dengan Kelas A sebagai kualitas tertinggi dan termahal.