Jakarta Masuk Kota Termahal di Dunia, PDIP: Sebenarnya Banyak Warga Miskin, Tapi Tak Ada Keberpihakan dari Anies
Patung Selamat datang atau Bundaharan Hotel Indonesia/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Gilbert Simanjuntak menanggapi soal Jakarta dinobatkan menjadi salah satu kota termahal di dunia versi survei Bank Julies Baer's Global Wealth and Lifestyle Report 2021. Ibu Kota Indonesia ini masuk dalam urutan 20 kota termahal.

Gilbert punya pandangan sendiri. Meski masuk dalam daftar kota termahal, Gilbert menyebut kesenjangan perekonomian masyarakat kaya dan miskin malah meningkat dari tahun lalu. Sayangnya, menurut Gilbert, hal ini tidak terpotret.

"Sebenarnya lebih banyak warga miskin daripada kaya di DKI. Tetapi mereka tidak terpotret karena belanja orang kaya ini," kata Gilbert kepada wartawan, Rabu, 14 April.

Kemudian, Gilbert menganggap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak tak memiliki keberpihakan kepada warga miskin dalam program yang dibangun. 

Ambil contoh seperti pembangunan tugu sepeda, sepeda masuk kereta Moda Raya Terpadu (MRT), hingga pembangunan jalur sepeda permanen. "Bisa dimaklumi kalau Jakarta masuk kota termahal karena sepeda laku keras dan habis di pasaran, termasuk sepeda harga 80juta-an," ujar Gilbert.

"Ketidakberpihakan kepada warga miskin juga terlihat dari APBD yang sangat minim untuk UMKM. malah dana UMKM datangnya dari APBN atau pusat. Dana PEN untuk pemulihan ekonomi juga dipakai utk pembangunan stadion JIS dan revitalisasi TIM, bukan untuk pemulihan ekonomi," tambahnya.

Dikutip dari CNBC, bank asal Swiss, Bank Julius Baer merilis 25 kota termahal di dunia. Jakarta masuk dalam urutan 20 kota termahal bagi para jutawan.

Pertimbangan Jakarta masuk dalam kota termahal di dunia adalah penjualan barang yang dihargai cukup tinggi, yakni minuman whiskey serta tas dan sepatu wanita.

Berikut adalah deretan lengkap kota termahal dunia versi Bank Julies Baer's Global Wealth and Lifestyle Report 2021:

1. Shanghai

2. Tokyo

3. Hong Kong

4. Monaco

5. Taipe

6. Zurich

7. Paris

8. London

9. Singapura

10. New York

11. Bangkok

12. Dubai

13. Milan

14. Sydney

15. Barcelona

16. Manila

17. Frankfurt

18. Moscow

19. Miami

20. Jakarta

21. Sao Paulo

22. Mumbai

23. Mexico City

24. Vancouver

25. Johannesburg