Bagikan:

YOGYAKARTA - Butuh isnpirasi buat lalapan yang cocok untuk ayam bakar? Tenang! Karena kali ini kita bakal membahasnya di sini! Simak sampai selesai, ya!

Lalapan merupakan tipe sayur-mayur yang biasa dimakan selaku pasangan lauk. Umumnya lalapan dimakan bersama sambal dengan metode dicocol. Salah satu lauk yang sesuai dengan lalapan yaitu ayam bakar. Intinya bagi orang Indonesia, lalapan adalah kuliner wajib ada! Hehe.

Ayam bakar sangat nikmat bila dimakan bersama sambal serta lalapan. Untuk sebagian orang yang menggemari lalapan, bakal terasa kurang bila menikmati ayam bakar tanpa sayur aksesoris tersebut. Tidak hanya menaikkan kenikmatan, menyantap sayur lalapan pula baik untuk tubuh. Sebab lalapan ini mempunyai banyak nutrisi dan vitamin yang bagus buat badan.

Lalapan yang Cocok Untuk Ayam Bakar

Tidak lengkap rasanya bila bakaran satu ini tidak dilengkapi lalapan selaku pendamping. Terdapat banyak sayur yang umumnya disajikan berdampingan di dalam kotak. Beberapa sayur tersebut diulas di bawah ini.

I. Tomat

Pertama ada tomat selaku lalapan pendamping yang dapat dicoba. Kesegaran tomat dapat menetralisasi rasa pedas serta rempah kuat dari ayam bakar. Terlebih kandungan nutrisi tomat dapat jadi nilai tambah.

II. Kubis

Kubis ataupun kol pula mempunyai tekstur renyah bila disajikan secara mentah. Kubis dapat jadi lalapan yang segar sekaligus bergizi. Alasannya, sayur ini mempunyai isi vit C, asam folat, serta kalium.

III. Daun Pepaya

Meski mempunyai rasa getir, daun pepaya senantiasa mempunyai penggemar tersendiri. Daun pepaya dapat ditambahkan pada nasi box ayam bakar selaku lalapan. Kalian dapat merebusnya terlebih dahulu hingga matang.

IV. Daun Singkong

Walaupun terkesan mirip dengan daun pepaya, realitasnya daun singkong tidak mempunyai rasa getir bila dimakan. Cara penyajiannya pula sama, yaitu dengan merebusnya terlebih dulu hingga matang.

V. Selada

Rekomendasi sayur selaku lalapan pendamping nasi box ayam bakar selanjutnya merupakan selada. Sayur hijau ini bisa dihidangkan secara mentah buat memberikan kesegaran untuk para penikmatnya.

Tidak cuma segar, selada pula memiliki renyah ketika dikunyah sehingga meningkatkan tekstur pada hidangan. Sayur ini pula kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, K, serta C sehingga baik dikonsumsi.

VI. Petai

Walaupun meninggalkan aroma kurang enak, petai senantiasa jadi salah satu lalapan terbaik yang perlu dicoba. Petai mempunyai kenikmatan tertentu pada saat disantap, terlebih jika dicocol dengan sambal pedas.

VII. Kemangi

Kemangi ialah salah satu lalapan yang sangat umum disajikan pada bermacam tipe makanan, termasuk nasi box ayam bakar. Perihal itu sebab daun kemangi mempunyai aroma khas yang bisa menggugah selera.

VIII. Timun

Tidak hanya daun kemangi, timun pula tidak kalah favorit buat disajikan selaku pasangan makanan. Mulai dari warung pinggir jalan sampai restoran mahal tidak ketinggalan menambahkan irisan timun di samping menu utama.

Keberadaan irisan timun dapat menambahkan kesegaran saat memakan masakan utama. Terlebih menu bakaran yang biasanya mempunyai bumbu kuat serta pedas sehingga dapat dinetralisasi dengan memakan timun.

IX. Kacang Panjang

Tidak hanya lezat dijadikan urap sayur, kacang panjang pula dapat dijadikan lalapan nasi box ayam bakar. Kalian dapat merebusnya terlebih dahulu sebelum disajikan. Tekstur renyah kacang panjang dapat memberikan sensasi tertentu.

X. Daun Kenikir

Daun kenikir dapat jadi opsi selanjutnya yang tidak kalah menarik. Daun kenikir bisa disantap secara mentah bersamaan dengan masakan utama di dalam kotak buat para tamu.

Kelebihan dari daun kenikir yaitu banyaknya khasiat untuk badan bila disantap. Mulai dari menguatkan tulang, membetulkan peredaran darah, sampai mempunyai antioksidan sehingga baik buat daya tahan tubuh.

Butuh makanan yang kaya rasa dan berrempah? Berikut “8 Variasi Hidangan Berbahan Daging Unggas” yang bisa kalian coba.

Jadi setelah mengetahui lalapan yang cocok untuk ayam bakar , simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!