Ketika Orang Berkomentar Tentang Penampilan Anak Anda, Begini 5 Cara Bijak Merespons  
Ilustrasi cara bijak merespons ketika orang berkomentar tentang penampilan anak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak orang tua beranggapan buah hatinya adalah anak yang paling pintar, cantik, ganteng, dan dibanggakan. Apabila merasakannya, Anda bukan satu-satunya. Namun banyak orang tua yang tanpa pertimbangan mengomentari anak lain soal penampilannya, bentuk tubuhnya, berat badan, dan ukurannya. Tentu saja ini bukan hal bijak. Untuk itu perlu ditanggapi secara bijak supaya setiap orang tua bisa sama-sama belajar membentuk lingkungan yang nyaman bagi anak-anak berkembang optimal.

Komentar yang dilontarkan tentang penampilan, seringkali membuat seseorang tak bahagia, meskipun itu pujian. Penelitian dilansir Baby Chick, Jumat, 3 Mei, menunjukkan bahwa komentar bahkan yang tidak bermaksud mengejek sekalipun, baik itu mengenai bentuk tubuh atau berat badan, berdampak buruk terhadap kesejahteraan selama masa kanak-kanak. Lantas bagaimana cara bijak merespons komentar orang lain tentang penampilan anak? Begini tipsnya.

1. Minta dukungan dari teman dan keluarga

Jika orang lain bermaksud baik, berkomentar baik dan intensi peduli, cobalah untuk meminta bantuannya. Bagikan wawasan Anda tentang potensi bahaya membicarakan penampilan anak-anak dan mintalah dukungan mereka untuk melakukan sikap yang bermanfaat dengan cara sehat. Alih-alih berkomentar soal penampilan, cobalah membuka kesempatan untuk terhubung dengan penuh rasa empati.

cara bijak merespons ketika orang berkomentar tentang penampilan anak
Ilustrasi cara bijak merespons ketika orang berkomentar tentang penampilan anak (Freepik/prostooleh)

2. Dukung anak Anda

Anak Anda mungkin dengar langsung komentar dari orang lain tersebut. Anak Anda mungkin memahami pesan tentang nilai dan harga diri melampaui penampilan. Tetapi, luangkan waktu untuk melindungi anak Anda dari pengalaman canggung menerima komentar dari orang lain tentang penampilannya. Ingatkan bahwa bagaimanapun, penting mencitrakan tubuh secara positif. Fokuskan pada fungsi bagian tubuh daripada penampilannya.

3. Bantu anak mengekspresikan emosinya

Jika anak Anda mendengar komentar tentang tubuhnya, luangkan waktu berbincang bersamanya dan menggali bagaimana perasaan anak Anda. Saat membicarakan ini, sampaikan bahwa Anda kecewa seseorang telah membicarakan penampilannya dengan cara yang tidak menyenangkan.

4. Jadilah teladan bagi anak-anak Anda

Contohkan soal citra tubuh positif dan hubungan sehat dengan makanan serta memilih cara berpenampilan. Hindari mengomentari penampilan Anda sendiri di depan anak-anak. Sebaliknya, komentari saat tubuh Anda melakukan sesuatu yang luar biasa, seperti, “Wah! Saya lelah, tetapi tubuh saya terasa kuat dan sehat setelah berjalan jauh!”.

5. Buat anak-anak merasa aman serta nyaman

Anak akan merasa nyaman dan aman jika memiliki support system. Pendukung yang baik untuk anak adalah dari orang tuanya. Saat anak Anda memiliki gambaran negatif soal penampilannya, yakinkan mereka bahwa ukuran, berat badan, dan penampilan bisa sangat berbeda-beda setiap orang. Pastikan pemahaman anak tentang setiap ukuran dan penampilan berbeda, memiliki fungsi yang sama. Misalnya, saat anak merasa kakinya besar daripada milik teman-temannya, yakinkah bahwa bagian tubuh tersebut memiliki fungsi umum meski berbeda ukuran.

Cara bijak merespons komentar orang lain soal penampilan anak yang dijelaskan di atas, mungkin hanyalah sekelumit tips. Banyak pengalaman yang tak terduga dialami anak-anak, terutama berkaitan tentang komentar orang lain soal penampilannya. Maka mendukung, memastikan anak merasa aman, serta membantu mereka membangun citra positif tentang tubuhnya, penting konsisten dilakukan.