12 Bumbu Khas Masakan Padang, Rempah Kuat dan Aromanya Segar
Ilustrasi makanan Padang (Unsplash/Jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Masakan Padang menjadi salah satu kuliner nusantara yang banyak digemari. Makanan khas olahan masyarakat Minang Sumatera Barat ini memiliki cita rasa yang autentik dan lezat. Ada sejumlah bumbu khas masakan Padang yang dibutuhkan dalam membuat makanan ini.

Masakan Padang terkenal dengan penggunaan banyak rempah pada bumbunya. Selain itu, masakan Padang juga identik dengan bahan santan pada kuahnya. Bahan-bahan tersebut yang membuat masakan Padang menjadi berlemak.

Terbukti masakan Padang bisa diterima oleh lidah berbagai kalangan dan di berbagai daerah. Mudah sekali menemukan warung makan atau restoran Padang di setiap kota di Indonesia. Persebaran restoran Padang ini menjadi bukti bahwa masakan Padang disukai banyak orang. 

Bumbu Khas Masakan Padang

Masakan Padang dibuat menggunakan bahan atau bumbu khas. Bumbu-bumbu inilah yang memunculkan rasa lezat pada masakan Padang. Berikut bumbu yang biasa digunakan dalam olahan masakan Padang. 

Santan

Salah satu ciri khas dalam olahan masakan Padang adalah penggunaan santan. Masyarakat Minang lebih memilih memakai santan asli dari kelapa parut daripada santan instan. Namun Anda juga bisa menggunakan santan instan untuk membuat masakan Padang sendiri di rumah. Penggunaan santan dalam masakan Padang berfungsi untuk memunculkan rasa gurih. 

Kunyit

Bumbu khas lain yang selalu ada dalam masakan Padang adalah kunyit. Aroma khas kunyit bisa memberikan rasa yang khas. Selain itu, kunyit juga bisa memberikan warna lebih pekat pada masakan Padang. 

Yah

Rempah lainnya yang menjadi bumbu khas masakan Padang adalah jahe. Jahe bisa memberikan rasa hangat dan menambah rasa pedas dalam masakan Padang. Selain itu, jahe juga bisa menghilangkan bau anyir dalam hidangan, terlebih ikan atau daging. 

Istana

Serai juga menjadi bumbu khas dalam masakan Padang. Dengan tambahan serai, masakan Padang menjadi lebih beraroma. Cara mengolah serai dalam masakan Padang yakni dengan diiris halus atau dimemarkan. Bagian serai yang digunakan hanya batang berwarna putih. 

lengkuas

Aroma khas segar dalam masakan Padang tercipta dari lengkuas, sebagaimana pada jahe, serai, dan kunyit. Pengolahan lengkuas dilakukan dengan diiris atau dimemarkan. Selain itu, lengkuas juga bisa dimasukan dengan dihaluskan bersama bumbu lain. 

Kayu Manis

Kayu manis juga digunakan sebagai bumbu khas masakan Padang. Beberapa pengolah masakan Padang menggunakan tambahan kayu manis untuk membuat hidangan memiliki rasa lebih sedap dan beraroma. 

Tak hanya kayu manis, pembuatan masakan Padang juga ada yang menggunakan jintan dan kapulaga. Penggunaan ketiga bahan tersebut biasanya disesuaikan dengan resep yang dipilih. 

Daun Jeruk Purut

Kesegaran pada masakan Padang juga tercipta dari tambahan aroma daun jeruk purut. Daun jeruk purut memiliki bentuk seperti angka delapan. Supaya aromanya keluar, penggunaan daun jeruk dibuang bagian tulang daunnya. 

Daun Kunyit

Tak hanya umbinya, daun kunyit juga biasa dipakai dalam olahan masakan Padang. Penggunaan daun kunyit berfungsi memberikan aroma harum pada makanan. Buang terlebih dahulu tulang daunnya. Kemudian potong daun kunyit menjadi dua atau tiga bagian. 

Daun Mangkokan

Daun ini memiliki bentuk mirip mangkuk. Daun mangkokan berfungsi seperti daun jeruk purut, yakni untuk menghilangkan bau anyir pada masakan. Daun ini dibutuhkan dalam mengolah masakan Padang karena biasanya ada sajian ikan dan daging. 

Asam Kandis

Asam kandis biasanya digunakan untuk olahan masakan Padang, seperti asem pedeh dan gulai ikan. Penggunaan asam kandis dapat memberikan kesegaran pada hidangan. Penambahan asam kandis pada olahan masakan dilakukan saat proses terakhir. 

Cabai

Salah satu ciri khas masakan Padang atau masakan Minang adalah rasanya yang pedas. Penggunaan cabai selalu ada dalam bumbu masakan Padang. Jenis cabai yang digunakan, yaitu cabai merah keriting, cabai merah besar, dan cabai hijau. 

Bawang Putih

Tak ketinggalan, bawah putih juga menjadi bumbu yang selalu ada dalam masakan Padang. Bawang putih sudah seperti bumbu wajib dalam semua masakan di Indonesia. 

Demikianlah daftar bumbu khas masakan Padang. Anda bisa membuat masakan Padang sendiri di rumah dengan memakai bumbu-bumbu di atas. Bumbu tersebut dapat Anda temukan dengan mudah di supermarket dan di pasar tradisional. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.