Tips Memilih Pelembab untuk Eksim: Jangan Anggap Remeh Kalau Tak Ingin Menyesal Nantinya
Tips Memilih Pelembab Untuk Eksim

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat kita mengalami gatal di kulit, kering dan memerah itu bisa saja gejala eksim. Bakal lebih parah bila ditambah penggunaan skincare yang tidak tepat. Itu artinya kalian perlu tips memilih pelembab untuk eksim yang baik.

Pasalnya, penderita eksim mesti berhati-hati dalam memilih produk dan rutinitas skincare untuk kulitnya. Lantas bagaimana tips yang harus diperhatikan?

Tips Memilih Pelembab untuk Eksim

1. Memilih Produk yang Membantu Mengendalikan Gatal

Kendala yang paling utama bagi penderita eksim ialah rasa gatal yang tak tertahankan. Adapun area wajah yang biasanya terkena yaitu di mulut dan kelopak mata.

Menurut National Eczema Society, penggunaan skincare serta kosmetik biasanya memicu gatal pada kulit eksim. Apabila kalian terus menggaruk, kulit bakal menjadi rapuh, mudah mengalami peradangan (dermatitis), dan rentan akan infeksi.

Maka dari itu, penting untuk memilih produk yang bisa mengendalikan gatal pada kulit kalian. Biasanya dalam pemilihan produk difokuskan untuk memilih skincare yang mempunyai efek dingin serta menenangkan kulit.

Perlu diingat, produk yang dipilih wajib bersifat hipoalergik (tak memicu alergi) dan tak menghasilkan reaksi pada kulit.

2. Jauhi Zat Aktif yang Berpotensi Mengiritasi Kulit

Skincare buat kulit eksim haruslah nyaman untuk kulit. Yakinkan kalau produk itu nyaman apalagi buat kulit sensitif.

Ini sebab kenapa Kalian tidak dapat hanya mengandalkan penjelasan “soothing“, “hydrating“, serta sejenisnya pada kemasan produk.

Jauhi bahan-bahan mengandung retinol, vit C, asam salisilat, serta alfa hidroksi (AHA).

Walaupun ampuh menanggulangi banyak permasalahan kulit, zat-zat aktif tersebut berpotensi memunculkan iritasi kulit serta memperburuk gejala eksim.

Jangan pula memakai produk mengandung zat pewangi ataupun pengawet berbentuk paraben. Carilah produk yang mempunyai penjelasan “fragrance-free“, bukan “unscented“. Apabila butuh, pilihlah produk bahan natural ataupun organik tanpa pewangi.

3. Sanggup Melembapkan Serta Melembutkan Kulit

Kulit yang lembap serta sehat memiliki susunan pelindung kulit yang lebih kokoh. Kebalikannya, kulit pengidap eksim lebih kering serta rapuh.

Sehingga dari itu, Kalian membutuhkan produk yang sanggup membagikan kelembapan ekstra buat kulit. Saat memilih produk skincare buat eksim, kandungan awal yang wajib Kalian cari yakni gliserin, shea butter, ataupun lanolin.

Asam hialuronat dalam krim wajah pula bisa menarik air ke dalam kulit sehingga wajah jadi lebih lembap. Campuran asam hialuronat serta ceramide malahan dapat membagikan khasiat yang lebih besar lagi.

Bagi riset dalam Journal of The American Academy of Dermatology, campuran keduanya ampuh menanggulangi gejala eksim ringan sampai sedang.

4. Pakai Sunscreen

Produk skincare yang satu ini sangat berguna buat melindungi kulit pengidap eksim dari kerusakan akibat cahaya matahari.

Perihal awal yang butuh Kalian cari dari sunscreen yakni isi mineral serta keahlian penyaring cahaya ultraviolet (UV). Sunscreen mineral memiliki titanium dioksida serta seng oksida sanggup melindungi kulit tanpa resiko iritasi.

Tetapi, tipe sunscreen ini memanglah memiliki sedikit kekurangan, yakni adanya residu putih pada kulit (white cast) serta tekstur yang berminyak.

Tidak hanya itu, memilih sunscreen berspektrum luas yang bisa melindungi kulit Kalian dari cahaya UVA serta UVB sekalian. Pastikan sunscreen mempunyai SPF 30 yang cukup buat melindungi kulit, tetapi tidak begitu kuat hingga dapat merangsang iritasi.

5. Pilih Produk Pelembap Terbaik

Krim serta gel pelembap ialah produk skincare yang sangat berarti buat pengidap kulit eksim. Pemakaian pelembap yang pas malahan bisa menolong pemulihan kulit serta kurangi kebutuhan Kalian terhadap obat eksim.

Kalian sesungguhnya dapat memperoleh seluruh khasiat tersebut cuma dengan mengenakan pelembap secara teratur. Akan tetapi, Kalian juga dapat memperkaya khasiatnya dengan bahan-bahan lain, semacam serum pelembap ataupun krim steroid.

Terdapat banyak wujud pelembap yang dapat Kalian seleksi sesuai kebutuhan, mulai dari losion, krim, semprotan, sampai salep. Bila Kalian bimbang dalam memilah produk pelembap terbaik, Kalian bisa bertanya lebih dahulu kepada dokter kulit.

Jadi setelah mengetahui tips memilih pelembab untuk eksim, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!