Bagikan:

JAKARTA - Dermatitis atopik atau yang biasa disebut eksim sering kali menjadi salah satu penyakit yang dikhawatirkan orangtua ketika dialami si kecil. 

Melihat kulit si kecil yang gatal, memerah hingga membuat sensasi tidak nyaman tak jarang membuat orangtua khawatir. Pasalnya, kulit anak yang cenderung sensitif tentu tak bisa sembarangan menggunakan obat-obatan berbasis bahan kimia.

Namun, untuk mengatasi eksim, orangtua dapat mengandalkan sejumlah bahan alami. Mengutip Antara, sejumlah bahan alami terbukti secara ilmiah efektif dalam mengurangi gejala eksim. Bahan-bahan seperti sweet almond oil, shea butter, Tamanu oil, Calendula, provitamin B5, dan Ceramide. 

Berbagai bahan-bahan alami itu secara sinergis dapat membantu melembapkan kulit, mengurangi peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan eksim. 

Misalnya saja sweet almond oil berfungsi sebagai pelembab alami yang dapat menenangkan kulit yang iritasi. Shea butter dengan sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan.

Tamanu oil memiliki khasiat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang rusak akibat eksim.

Calendula dengan sifat antiseptiknya dapat menenangkan kulit yang meradang. Sedangkan provitamin B5 membantu melembapkan dan memudarkan bekas luka, sementara ceramide berperan penting dalam memperkuat lapisan pelindung kulit atau skin barrier.