Berkenalan dengan Panthenol, Kandungan Skincare yang Punya Segudang Manfaat
Ilustrasi (Polina Kovaleva/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda merupakan tipe seseorang yang selalu memerhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam skincare Anda? Jika iya, Anda mungkin pernah mendengar kandungan panthenol. Panthenol merupakan salah satu kandungan skincare yang banyak ditemukan dalam produk skincare.

Umumnya, panthenol bisa ditemukan dalam beberapa jenis makanan, seperti daging-dagingan, susu, telur, alpukat, dan nasi merah. Pada banyak produk, panthenol juga biasanya dikenal dengan nama dexpanthenol, D-pantothenyl alcohol, butanamide, alcohol analog of pantothenic acid, atau provitamin B-5. Berikut adalah beberapa kandungan panthenol yang baik untuk kulit dilansir dari berbagai sumber.

Melembapkan Kulit

Panthenol memiliki sifat humektan dan emolien yang mampu mengikat air serta mengunci kelembapan sehingga membuat kulit tampak lebih sehat serta elastis. Jika kulit lembap, maka tandanya hal ini juga baik untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dan munculnya kerutan pada wajah.

Memperkuat Skin Barrier

Kelembapan kulit yang terjaga dapat meningkatkan fungsi pertahanan sel kulit, hal ini dapat membantu memperbaiki skin barrier dan mencegah lapisan transepidermal kehilangan air.

Anti-inflamasi

Memiliki sifat yang melembapkan, panthenol juga dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu permasalahan kulit seperti kemerahan dan gatal, kering, dan berbagai kondisi kulit lainnya hingga eksim.