Amankah Vitamin C Digunakan Bersamaan dengan Niacinamide?
Ilustrasi (Ekaterina Bolovtosova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Rutinitas skincare sekarang ini melibatkan sedikit science. Mengingat produk skincare mengandung berbagai bahan aktif. Anda perlu tahu kandungan skincare apa saja yang boleh dan tidak boleh dipakai bersama. Bicara soal kombinasi bahan aktif, bagaimana dengan vitamin C dan niacinamide? Apakah dua kandungan skincare paling populer ini boleh dipakai bersama? Mari cari jawabannya dari penjelasan dermatolog Joyce Imahiyerobo-Ip, MD, FAAD, seperti yang dilansir dari Beautified, Selasa, 22 November.

Yang pertama perlu diketahui, vitamin C dan niacinamide merupakan kandungan skincare berupa vitamin. Untuk yang belum tahu, niacinamide dikenal juga dengan nama vitamin B3. Dua vitamin ini pada dasarnya memiliki manfaat yang kurang lebih sama, yaitu memperbaiki kondisi kulit, mencerahkan, dan mengurangi hiperpigmentasi. Namun, mereka juga punya perbedaan yang jika digabungkan justru meningkatkan manfaatnya untuk kulit.

Sebagai antioksidan, vitamin C mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan. Ia juga dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV. Lengkap dengan kemampuannya meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Manfaat lain vitamin C lainnya termasuk memudarkan noda hitam bekas jerawat akibat hiperpigmentasi, meratakan tekstur kulit yang tidak rata, mencerahkan kulit, dan mengurangi penampakan garis halus, keriput, dan kerutan. Manfaat yang sangat lengkap.

Sementara itu, niacinamide bekerja memperkuat sistem skin barrier dengan menjaga kulit selalu lembab. Manfaatnya antara lain mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, dan menyingkirkan garis halus. Selain itu, niacinamide punya fungsi anti-inflamasi sehingga mampu meredakan kulit iritasi. Nah, yang sama dengan vitamin C adalah fungsinya meningkatkan produksi kolagen dan mengatasi hiperpigmentasi. Boleh dibilang niacinamide adalah kandungan skincare versatile yang mudah beradaptasi dengan kandungan lainnya.

Dermatolog Joyce Imahiyerobo-Ip, MD, FAAD mengatakan: boleh. Vitamin C dan niacinamide memiliki manfaat serupa, tapi bekerja dengan mekanisme berbeda. Sehingga menggabungkan dua bahan aktif ini dalam satu rutinitas skincare menghasilkan manfaat berlipat. Jadi, sekarang tidak perlu ragu lagi pakai dua kandungan ini secara bersamaan. Yang penting, kita tahu cara terbaik memakainya.

Cara Pakai Skincare Vitamin C dan Niacinamide Bersamaan

Imahiyerobo-Ip merekomendasikan pemakaian vitamin C dan niacinamide dengan cara layering, ketimbang mencampurkan keduanya dalam satu formula produk. Ini karena vitamin C merupakan molekul yang tidak stabil. Nah, saat layering skincare, pastikan dahulukan tekstur ringan (seperti serum), lalu lanjutkan tekstur yang lebih kental (seperti moisturizer). Pakai dua bahan ini dengan format layering serum juga sangat diizinkan.