Saran Ahli, Pastikan 6 Bahan Aktif Ini Terkandung dalam Produk <i>Eye Cream</i> Kamu
Ilustrasi (Erick Mclean/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata mulai membentuk kerutan. Selain itu proses penuaan juga dapat menyebabkan mata bengkak dan munculnya lingkaran hitam bawah mata.

Salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi permasalahan kulit mata yang sedang dihadapi yaitu dengan menggunakan eye cream. Sebelum Anda memasukan produk eye cream ke dalam rutinitas skincare harian Anda, ada baiknya untuk mengetahui krim dengan kandungan seperti apa yang cocok untuk mengatasi permasalahan Anda.

Shilpi Khetarpal, MD, seorang dermatolog, melansir Cleveland Clinic, Jumat, 30 September membagikan bahan eye cream terbaik untuk mengatasi masalah utama Anda.

Antioksidan

Antioksidan mampu melindungi kerusakan sel dan menjaga mata Anda tetap bersinar. Carilah bahan-bahan seperti vitamin C, vitamin E, dan asam ferulat yang membantu mencegah kerusakan sel di sekitar mata. Selain itu, antioksidan dapat membantu mengurangi mata bengkak. Vitamin C juga sudah terkenal sebagai kandungan pencerah kulit.

Retinol

Retinol merupakan salah satu kandungan yang paling dicintai penggemar skincare. Retinol merupakan suatu bentuk vitamin A yang bekerja dengan merangsang kolagen untuk mengurangi dan mencegah garis dan kerutan. Ini adalah bahan yang harus dicari dalam eye cream anti aging.

Peptida

Untuk permasalahan kulit kendur dan kusam di sekitar mata Anda, cobalah pilih eye cream dengan kandungan peptida di dalamnya. Peptida mampu meningkatkan kolagen dan elastin untuk mengencangkan kulit yang kendur.

Asam hialuronat dan ceramides

Kulit di sekitar mata merupaka kulit yang paling tipis di tubuh. Artinya, kulit mata akan mudah kering dan teriritasi. Menenangkan serta melembabkan kulit yang haus dengan bahan pelembab seperti asam hialuronat dan ceramide. Bisa memberikan efek kulit terhidrasi dengan baik sehingga kerut halus tersamarkan.

Niacinamide dan asam kojic

Penggunaan eye cream terbaik sekalipun tak bisa menghilangkan mata panda jika Anda sendiri kurang istirahat. Namun, jika mata panda tak kunjung hilang meski Anda sudah beristirahat, maka bisa jadi faktor genetik penyebabnya. Cobalah niacinamide dan asam kojic. Kedua bahan aktif ini mampu mencerahkan kulit dengan mengurangi aktivitas sel penghasil pigmen.

Tabir surya

Terakhir, Anda bisa mencari eye cream dengan kandungan SPF di dalamnya. Pilihan lain, Anda bisa menggunakan sunscreen hingga ke bawah mata juga. Fungsinya untuk melindungi kulit bagian bawah mata dari sengatan sinar matahari.