Ternyata, Ini Alasan Pentingnya Penggunaan Eye Cream Sejak Usia 20an
Ilustrasi Eye Cream (Humphrey Muleba/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda telah mendalami dan memberikan perhatian khusus terhadap skincare, mungkin Anda sudah tidak awam dengan eye cream. Namun, jika Anda belum familiar, maka sudah saatnya Anda mencari tahu lebih dalam. Sebab, eye cream memiliki peran yang krusial untuk kesehatan kulit Anda.

Dermatologist Patricia Farris, MD, seorang profesor klinis di Tulane University School of Medicine, melansir WebMD, Selasa, 23 Agustus, mengatakan bahwa eye cream diformulasikan sedemikian rupa hingga produk skincare satu ini punya manfaat luar biasa bagi kulit sekitar mata.

"Eye cream diformulasikan khusus untuk kulit halus di sekitar mata, sehingga konsistensinya cenderung lebih kental. Selain itu, eye cream juga mengandung lebih banyak minyak dibanding pelembab wajah dan memiliki banyak bahan aktif yang ditujukan untuk mengatasi masalah di sekitar mata,” jelas Farris.

Kulit di sekitar mata lebih rapuh, lebih rentan kering, dan lebih cepat menunjukkan tanda penuaan. Menyipitkan mata dan melakukan gerakan mata yang konstan juga mempercepat timbulnya garis-garis halus dan kerutan. Cairan yang terkumpul di bawah mata menyebabkan munculnya kantung mata dan lingkaran hitam. Oleh karena itu, krim mata diperlukan guna mengatasi permasalahan ini.

Garis-garis halus dan kerutan berasal dari paparan sinar matahari dan kulit akan menghasilkan lebih sedikit kolagen seiring bertambahnya usia. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit. Dan studi tentang skincare telah membuktikan bahwa vitamin C, peptida, dan retinol terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen. Ceramide dan asam hialuronat juga punya fungsi serupa. Keduanya merupakan kandungan pelembab yang membantu mencegah hilangnya air di kulit dan meningkatkan elastisitas.

Lingkaran hitam di bawah mata berasal dari gen, kerusakan akibat sinar matahari, usia, dan penumpukan darah. Sodium ascorbate, atau vitamin C, dapat menebalkan kulit dan membantu menyamarkan lingkaran hitam setelah sekitar 6 bulan. Niacinamide, atau vitamin B3, dan asam kojic dapat meringankan permasalahan lingkaran hitam bawah mata.

Sedangkan kantung mata terjadi akibat penumpukan cairan dan darah di bawah mata. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu sirkulasi, yang dapat mengurangi mata berkantung. Studi lain menunjukkan bahwa suhu dingin sama efektifnya untuk mengobati kantung mata. Itu sebabnya beberapa orang memilih mendinginkan eye cream di dalam kulkas.