Selain Membantu Melembapkan Kulit, Kenali Manfaat Shea Butter untuk Rambut dan Bibir
Ilustrasi fakta tentang shea butter, manfaat untuk bibir hingga shea butter terbuat dari apa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam merawat kulit, menjaga kelembapannya adalah hal paling penting. Karena kelembapan tidak hanya berkaitan dengan kecukupan cairan tubuh, tetapi juga bagaimana kita merawatnya secara tepat. Nah, kalau Anda mencari alternatif bahan untuk jaga kulit lembap, shea butter adalah salah satu jawabannya.

Shea butter adalah mentega shea yang sangat bermanfaat untuk Anda dengan kulit kering. Bahan ini bisa dipakai kapan pun semau Anda selama tidak memiliki alergi kacang pohon. Melansir Byrdie, Senin, 21 November, shea butter adalah lipid dari tanaman yang berasal dari kacang pohon shea. Habitat hidupnya di Afrika dengan kandungan kaya antioksidan, asam lemak, serta vitamin. Shea butter juga dikenal sebagai minyak padat yang mengandung lima jenis asam lemak esensial. Di antaranya, asam stearate, oleat, filosterol, vitamin E dan D, allantoin, dan vitamin A.

Utamanya, shea butter bermanfaat melembapkan kulit. Menurut spesialis perawatan wajah Joanna Vargas, shea butter melindungi wajah dari suhu ekstrim. Selain itu, begini manfaat shea butter.

1. Mengencangkan kulit

Kulit yang lembap, tenang, dan diberi nutrisi dengan baik, akan menghasilkan kekencangan sempurna. Dokter kulit bersertifikat Y. Claire Chang yang berbasis di New York City, mengatakan kalau shea butter baik untuk membuat kulit lebih lembut, terhidirasi, dan montok atau tetap kencang.

manfaat shea butter untuk kulit wajah
Ilustrasi manfaat shea butter untuk kulit wajah (Freepik/benzoix)

2. Mengatasi bibir pecah-pecah

Tak hanya untuk melembapkan kulit wajah, tetapi juga bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Mayoritas penyebab kulit bibir pecah dan kering ialah karena terpapar sinar UV atau udara panas. Kadang kebiasaan menggigit dan membasahi bibir dengan air liur bisa membuat kulit bibir bertambah kering. Untuk itu, shea butter dapat jadi andalan untuk melembapkan bibir.

3. Membantu memudarkan bekas luka

Shea butter juga membantu memudarkan bekas luka, baik luka karena jerawat atau kula selain jerawat. Karena dengan menjaga kelembapan, makan bahan skincare mengandung shea butter membantu memastikan regenerasi kulit berjalan dengan baik. Artinya, secara efektif membantu perkembangan sel-sel kulit baru.

manfaat shea butter untuk bibir
Ilustrasi manfaat shea butter untuk bibir (Freepik/drobotdean)

Di samping manfaat yang disebutkan di atas, sejumlah penelitian membuktikan bahwa shea butter juga membantu mencegah stretch mark, melembapkan bibir dan rambut, menenangkan kulit dengan dermatitis kontak dan psoriasis, serta meredakan gejala rematik.

Meski memiliki banyak manfaat, ada efek samping tertentu yang bisa dialami orang dengan alergi kacang pohon ketika memakai skincare dengan shea butter. Chang mencatat, shea butter bersifat non komedogenik dan tidak menyumbat pori-pori. Artinya ketika dipakai sebagai pelembap, tidak memicu jerawat. Tetapi bagi Anda yang alergi kacang pohon, sebaiknya hindari formula skincare dengan shea butter.