Biar Dapat Manfaatnya, Pahami Langkah Pemakaian Masker Mata yang Tepat
Ilustrasi (PNW Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pemakaian masker mata merupakan langkah tepat memberi kelembapan sekaligus mengantisipasi tanda penuaan di area sekitar mata. Masker mata juga dapat membantu mengurangi munculnya kerutan dan kantung mata serta membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan awet muda. 

Tetapi dengan begitu banyak pilihan di luar sana, patch mana yang tepat untuk Anda? Dan kapan waktu terbaik untuk menggunakannya? Untuk tahu lebih lengkap, simak terus artikel ini.

Masker mata merupakan salah satu jenis skincare yang saat ini mulai digandrungi banyak orang. Dilansir dari Depology, Selasa, 8 November, kulit mulai kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia karena produksi kolagen alami menurun. Dampaknya, kulit di sekitar mata pun mulai tipis dan menyebabkan munculnya lingkaran hitam dan bengkak.

Masker mata adalah cara terbaik membantu memperbaiki tampilan mata lelah dan menyamarkan kerutan. Cara kerjanya yaitu memaksimalkan penyerapan antioksidan dan peptida langsung ke kulit di area bawah mata. 

Masker mata memiliki beberapa jenis. Anda bisa menggunakan masker mata ini sesuai dengan kebutuhan kulit dan kenyamanan yang Anda rasakan. 

Overnight Eye Masks

Masker mata dirancang khusus untuk mengurangi mata bengkak, serta mengangkat noda dari permukaan kulit. Masker ini juga dapat menutrisi area kantung mata dan mengurangi lingkaran hitam. Ada dua kategori utama masker mata yang dapat ditemukan antara lain overnight eye masks yang tersedia dalam bentuk krim atau gel dan eye patches yang dapat dipakai sekitar 15-30 menit.

Cream Eye Masks

Masker mata dengan jenis leave-on banyak dalam bentuk krim, terkadang sulit untuk membedakan dari krim mata biasa. Meskipun demikian, jenis masker mata ini biasanya mengandung minyak nabati yang melembabkan kulit dan kaya antioksidan seperti shea butter atau minyak jojoba, serta humektan seperti gliserin atau hyaluronic acid, dan anti-peradangan seperti kafein atau arnica.

Gel Eye Masks

Gel eye masks mengandung zat anti-inflamasi dan penghilang kotoran atau bahan aktif pencerah. Masker ini memiliki tekstur ringan yang lebih baik bagi mereka yang rentan terhadap milia.

Eye Patches

Eye patches adalah masker lembar untuk area mata. Eye patches digunakan untuk area bawah mata. Ketika digunakan di bawah mata, patch bertindak sebagai oklusif, memastikan bahwa jumlah maksimum esensi atau serum menembus kulit. Setelah penutup mata dihilangkan, esensi yang tersisa di kulit dapat dipijat, jadi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan masker mata gel.

Menggunakan masker mata cukup mudah, karena produk ini cukup serbaguna. Jika Anda ingin menggunakannya di pagi hari, bersihkan terlebih dahulu kulit dengan facial wash sebelum menggunakan produk perawatan skincare atau menggunakan make up. Ini akan membantu kulit menyerap nutrisi dari masker mata dan menjadikan area kulit lebih terhidrasi.

Sedangkan penggunaan di malam hari direkomendasikan setelah menghapus semua riasan dan membersihkan kulit sebelum menerapkan produk perawatan kulit lainnya. Ini akan membantu memulihkan kulit Anda setelah hari yang panjang. Ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan produk dengan bahan-bahan yang lebih sesuai dengan kebutuhan perawatan kulit Anda, seperti kolagen anti-penuaan.