Dimulai dari Kebiasaan Sederhana, Begini Cara Dapatkan Kulit Muka <i>Flawless</i>
Ilustrasi cara dapatkan kulit muka flawless (Pexels/Real Studio Multimedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Flawless bisa diartikan secara harfiah, yaitu kulit tanpa cela atau sempurna. Bahkan tidak terlihat flek hitam, warna merata, dan bebas dari kerusakan. Kulit flawless adalah istilah yang populer dipakai mengacu pada kondisi kulit, seperti bebas jerawat ataupun tidak kusam karena sering terpapar matahari.

Kesempurnaan kulit muka yang diistilahkan dengan flawless ini, bisa banyak versi. Bahkan setiap orang bisa saja memiliki preferensi masing-masing. Sebutan ini juga didukung banyaknya produk skincare yang diklaim dapat membuat kulit tampak sempurna dan bercahaya. Lantas adakah cara dapatkan kulit muka flawless secara alamiah? Bisa, tetapi Anda perlu membiasakan lakukan kebiasaan sederhana berikut ini setiap harinya.

1. Lindungi dari paparan sinar matahari

Baik dengan memakai topi atau masker, melindungi kulit bisa juga dengan mangaplikasikan tabir surya pada kulit muka. Cara ini merupakan salah satu langkah dapatkan kulit muka yang flawless, menurut Dr. Robert Kaplan dilansir Reader’s Digest, Rabu, 2 November. Terangnya lagi, sinar matahari dapat memicu penuaan dini dan risiko terkena kanker kulit. oleh karena itu, ketika beraktivitas di luar ruangan, kenakan topi bertepi lebar, pakaian longgar dan lengan panjang, dan gunakan tabir surya.

cara dapatkan kulit muka flawless
Ilustrasi cara dapatkan kulit muka flawless (Pexels/Sora Shimazaki)

Tabir surya perlu diaplikasikan 30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Umumnya, krim pelindung kulit muka ini diformulasi dari minyak esensial yang bermanfaat dalam meremajakan kulit, menghalau sinar UV, dan menjaga warna kulit merata.

2. Konsumsi makanan tinggi serat alami

Noda pada kulit berkaitan dengan sistem pencernaan Anda. Kesehatan dan kecantikan kulit, perlu dimulai dari menjaga kesehatan dalam tubuh dan dimbangi dengan perawatan pada kulit. Jadi, cara dapatkan kulit muka flawless, dimulai dari konsumsi makanan segar. Makanan untuk kulit muka flawless, antara lain, sayuran segar, biji-bijian, dan buah segar.

3. Menjaga kesehatan mental

Stres dan insomnia membuat kulit terlihat kusam atau tidak bercahaya. Untuk membuat kulit Anda tetap tanpa cela, atau tidak rentan jerawatan, bisa dengan menjaga kesehatan mental Anda. Caranya, jalani pola hidup sehat dengan makan makanan sehat, cukup istirahat, dan rutin berolahraga.

cara dapatkan kulit muka flawless
Ilustrasi cara dapatkan kulit muka flawless (Pexels/Nathan Cowley)

4. Menjaga kelembapan kulit

Kelembapan kulit, juga berkaitan dengan kecukupan jumlah cairan tubuh. Kalau Anda cukup minum air mineral, atau 2 liter setiap harinya, dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kurangnya kelembapan kulit muka, dikaitkan dengan munculnya garis-garis halus. Jadi selain minum cukup, aplikasikan pelembap yang berlabel non-comedogenic untuk mengurangi risiko jerawat dan komedo.

5. Berikan waktu untuk kulit beristirahat dan bernafas

Sesekali bersihkan kulit secara menyeluruh dari polesan riasan atau skincare. Pada saat itu, kulit akan beristirahat dan bernafas. Bahkan, kulit akan bekerja secara alamiah dalam regenerasi sel kulit dan memproduksi pelembap alami. Hasil terbaik mengistirahatkan kulit, dilakukan setelah facial atau facial steam.

Selain kelima cara dapatkan kulit muka flawless yang dijelaskan di atas, pakai masker kulit berbahan alami dan mengandung asam buah. Karena asam pada buah mengandung enzim baik, maka sel-sel kulit mati bisa terangkat, bintik-bintik penuaan bisa perlahan pudar, dan kulit tampak lebih cerah.