Mengenal Ukuran Softlens Lengkap dengan Tips dan Cara Memilih
Ilustrasi softlens (Amanda Dalbjörn on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mengetahui ukuran softlens penting jika Anda ingin mencoba menggunakannya. Softlens memiliki banyak ukuran dan warna yang perlu disesuaikan dengan sempurna agar tak terjadi hal buruk ke depannya.

Memilih softlens dengan benar akan berdampak baik pula untuk penampilan dan kecantikan mata Anda.

Patut diketahui ada dua jenis softlens yang ada di pasaran, yakni softlens keras dan softlens lunak. Softlens  keras memiliki masa kadalurasa yang lebih lama dibanding softlens  lunak. Softlens keras juga tak mudah robek di mata, hal itu berbanding terbalik dengan softlens  lunak.

Namun, dari segi kenyamanannya kurang karena akan terasa mengganjal di mata saat awal pemakaian. Sedangkan softlens lunak dinilai lebih nyaman di mata.

Softlens memiliki beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan mata. VOI telah merangkumkannya untuk Anda yang diambil dari berbagai sumber, yakni sebagai berikut.

Ukuran Softlens

  1. Softlens Kecil

Bagi Anda yang memiliki mata yang kecil nan mungil atau sipit cobalah memilih ukuran softlens kecil dengan diameter di bawah 14 mm. Jika dirasa kurang besar, Anda bisa mencoba ukuran yang setingkat di atasnya sedikit untuk mencari kenyamanan.

  1. Softlens Normal

Ukuran softlens normal memiliki diameter 14 mm hingga 14,5 mm. Ukuran ini sering dipakai oleh masyarakat di Indonesia. Anda bisa memilih ukuran ini jika dirasa ukura mata sama seperti pada umumnya.

  1. Softlens Besar

Ukuran softlens besar berdiameter antara 15 mm hingga 22 mm. Bagi Anda yang memiliki mata besar bisa mencoba ukuran ini. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda untuk memilih ukuran yang tepat.

Tips Sebelum Memilih Softlens

Bagi Anda yang ingin mencoba mengenakan softlens untuk pertama kali, ada beberapa tips yang bisa diikuti yakni sebagai berikut.

  1. Gali Pengalaman

Tak semua orang nyaman mengenakan softlens. Hal serupa mungkin juga akan Anda alami. Untuk mendapatkan pengalaman, Anda bisa mencoba bertanya pada kawan atau kenalan yang menggunakan softlens . Anda bisa bertanya kesan mereka saat mengenakan softlens .

  1. Konsultasi ke Dokter Mata

Yang kerap diabaikan sebelum memutuskan memakan softlens  adalah konsultasi ke dokter mata. Konsultasi bisa terkait apa saja, termasuk memeriksakan kondisi mata hingga melakukan pengecekan ukuran minus mata.

  1. Pahami Aturan

Konsep memakai softlen adalah dengan menempelkan benda asing  ke kornea mata. Anda harus hati-hati dan memahami aturan pemakaian softlens dengan baik.

Cara Memilih Softlens

Memilih softlens yang tepat juga sangat penting. Oleh karena itu Anda disarankan untuk tahu bagaimana cara memilih softlens yang baik dan benar, yakni sebagai berikut.

  1. Pertimbangkan ukuran minus mata

Sebelum membeli softlens , Anda harus mempertimbangkan banyak hal termasuk ukuran minus. Jika masing-masing mata memiliki ukuran minus yang berbeda, disarankan untuk membeli masing-masing dua kotak sehingga punya cadangan.

  1. Pertimbangkan penampilan

Ada banyak warna dan corak softlens yang tersedia di pasaran. Untuk memilihnya, sesuaikan dengan gaya penampilan Anda.

  1. Pilih sesuai ukuran mata

Anda harus memilih softlens yang sesuai dengan ukuran mata. Hal itu perlu dilakukan agar Anda mendapat kenyamanan saat mengenakan softlens.

  1. Pengetahuan produk

Anda juga disarankan untuk mencari tahu segala hal yang terkait dengan softlens, mulai dari masa pemakaian, keterangan kadar air, kelengkungan (BC), diameter, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa hal terkait ukuran softlens dan tips terkait softlens yang bisa jadi pengetahuan untuk Anda. Untuk mendapat informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.