Bisa untuk Investasi, Begini 5 Tips Membeli Pakaian dan Aksesoris Vintage
Ilustrasi tips membeli pakaian dan aksesoris vintage (Freepik/prostooleh)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gaya berpakaian dengan nuansa vintage tak pernah padam. Pasalnya, tren terkini bukan hanya memakai sesuatu yang baru. Tetapi juga memakai pakaian vintage dengan cara baru sekaligus menyadari dampak mode terhadap lingkungan. Tahu ‘kah Anda mengenai quiet luxury yang mana dipraktikkan dengan belanja secara bijaksana, untuk jangka waktu lama, dan untuk investasi? Oleh karena itu, tak ada salahnya berbelanja pakaian vintage dengan tips berikut ini.

1. Ketahui ukuran Anda

Dalam berbelanja pakaian, mengetahui ukuran adalah hal terpenting. Terutama sebelum Anda belanja, ketahui bagaimana tren yang dibawa gaya pakaian tersebut hidup. Pada pakaian vintage yang populer pada 1950-an, umumnya dirancang untuk orang-orang dalam masa pertumbuhan yang berarti memiliki tulang rusuk dan kaki yang lebih kecil daripada sekarang. Mungkin tak mudah menemukan ukuran yang pas, tetapi penting untuk mencermati setiap ukuran yang tertera pada label pakaian dan mencatat ukuran Anda.

2. Mengenali jenis-jenis kain bahan

Beberapa kain tidak mudah menua, tetapi ada pula yang gampang melar dan memudar. Seperti sutera dan renda tua seringkali rapuh dan rentan rusak. Jadi Anda harus berhati-hati selain memilih bahan tetapi juga memperlakukan pakaian dengan jenis kain bahan tertentu. Biasanya, pakaian berbahan kapas dan serat alami lebih aman. Sedangkan bahan polyester paling mudah terutama jika dicuci dengan mesin cuci.

tips membeli pakaian dan aksesoris vintage
Ilustrasi tips membeli pakaian dan aksesoris vintage (Freepik)

3. Membeli sepatu vintage sedikit agak rumit

Selama beberapa dekade, ukuran kaki mungkin akan berubah. Jemari kaki bisa lebih panjang kalau Anda sering rutin jogging. Bisa juga semakin padat seiring dengan perubahan berat badan. Maka untuk memilih sepatu dengan aksen vintage, agak sedikit rumit. Maka pilih bahan secara tepat, kalau memilih bahan kulit, ketahui cara benar merawatnya agar tak mengelupas dan retak.

4. Kacamata vintage adalah investasi yang bagus

Aksesoris biasanya merupakan investasi yang bagus karena ada beberapa desain kacamata vintage yang keren, dilansir Metro, Senin, 19 Juni. Lensanya mungkin tak menawarkan perlindungan terhadap UV sebanyak kacamata hitam modern. Tetapi Anda bisa memilih nama merek atau desainter terkenal seperti Dior atau YSL tahun 1970-an dan 1980-an.

tips membeli pakaian dan aksesoris vintage
Ilustrasi tips membeli pakaian dan aksesoris vintage (Freepik/maryamarkevich)

5. Ingat siklus 40 tahun terkait tren fashion

Banyak sekali tren fashion vintage yang kembali populer pada era tertentu. Seperti tampilan vintage Gucci tahun 1970-an kembali populer setelah 40 tahun ke depan, yaitu dalam waktu dekat ini. Selain pakaian, desain furnitur juga mengikuti tren. Seperti Ossie Clark yang mendesain furnitur antik tahun 1960-an, kembali populer, langka, dan berharga tinggi saat ini.

Itulah kelima tips berbelanja fashion vintage untuk investasi. Tertarik dengan gaya fashion tertentu untuk tujuan yang sama? Anda bisa mencoba tips di atas ketika berbelanja.