Biar Tas dan Outfit Berpadu Serasi, Terapkan 4 Tips Ini
Ilustrasi tips serasi memadukan tas dan outfit (Freepik/maryamarkevich)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam penampilan, aksesoris dan outfit perlu dipadukan dengan serasi. Kalau salah memadukan, bisa-bisa membuat penampilan terlihat janggal dan membuat Anda canggung. Nah, untuk tetap tampil percaya diri dan tas beserta outfit berpadu serasi, terapkan tips berikut ini.

1. Sesuaikan dengan acara yang akan Anda hadiri

Apa yang Anda kenakan, sangat bergantung pada acara yang akan dihadiri. Misalnya acara kantor, acara santai, kasual, gala, pemakaman, hingga red carpet. Setiap acara perlu disesuaikan pada bagaimana Anda berpakaian dan menambahkan aksesoris apa saja termasuk membawa tas yang mana. Aturan memadukan tas dan outfit tak pernah tertulis. Maka penting untuk memperhatikan dan mengamati mana yang pas atau tidak.

Pada acara kasual, Anda bisa memadukan pakaian kasual dengan tas formal sekalipun. Termasuk juga saat pergi berbelanja. Acara ini tergolong bebas memakai pakaian kasual apa, yang penting membuat Anda nyaman. Tetapi saat acara resmi, paling cocok memadukan busana resmi dengan tas jinjing atau tas kotak berstruktur.

tips serasi memadukan tas dan outfit
Ilustrasi tips serasi memadukan tas dan outfit (Freepik/maryamarkevich)

Untuk sling bag, bisa dipadukan dengan celana panjang high waist. Bisa juga dipadukan dengan gaun dan sandal pada acara musim panas. Nah, untuk tampil elegan pada acara formal, selain memadukan dengan tas jinjing, bisa hanya membawa clutch kecil yang manis.

2. Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Bentuk tubuh berperan dalam memilih jenis tas. Panjang dan bentuk tas Anda, harus bisa mengimbangi tinggi dan lekuk tubuh. Untuk tubuh berbentuk buah pir, akan terlihat berat jika dipadukan dengan tas tangan setinggi pinggul. Bagi wanita yang berdada besar, harus menghindari memakai sling bag menyilang karena dapat menarik perhatian ke area belahan dada.

Bagi wanita berukurna sedang, sebaiknya membeli tas berukuran sedang. Untuk tas gantung rendah, baiknya tidak dipakai wanita bertumbuh pendek karena akan membangun visual lebih pendek.

tips serasi memadukan tas dan outfit
Ilustrasi tips serasi memadukan tas dan outfit (Freepik)

3. Pilih tas yang sesuai gaya

Selain mempertimbangkan acara dan ukuran tubuh, penting juga memilih tas sesuai gaya Anda. Jika pakaian Anda menarik perhatian, maka tas tangan harus menambah kesan bersemangat. Misalnya dengan memakai tas kulit, tas jinjing simpel, atau tas selempang kasual. Pada prinsipnya, setiap tas yang Anda miliki perlu menggambarkan gaya khas Anda. Penting pula dipahami, cobalah untuk tidak berlebihan atau tetap menyelaraskan outfit dan tas.

4. Padukan dengan warna pakaian

Warna dan tekstur pakaian harus mengarahkan Anda pada pilihan tas yang akan dibawa. Melansir All Women’s Talk, Rabu, 10 Januari, jika pakaian Anda monokromatik, coba padukan dengan tas tangan berwarna atau bermotif yang menarik perhatian. Sebaliknya, kalau memakai outfit yang multi warna, pilih warna tas yang polos dan netral.

Itulah keempat tips yang bisa Anda terapkan dalam memadukan tas dan outfit supaya serasi. Selain memadukan dengan serasi, penting juga mempertimbangkan memilih mana yang paling nyaman karena membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri.