Jenis Tas Sesuai Fungsinya Mempertimbangkan Style Sesuai yang Disuka
Ilustrasi tas (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tas tidak hanya berfungsi sebagai pembawa barang, namun sebagai pelengkap fashion. Saat ini ada berbagai jenis tas sesuai fungsinya bahkan bentuk. Agar tak salah pilih dan tetap cocok dipakai dengan style pakaian, disarankan untuk mengetahui jenis tas yang ada saat ini berdasarkan fungsi.

Jenis Tas Sesuai Fungsinya

Seiring dengan perkembangan lifestyle dan fashion dunia, banyak produsen yang menciptakan model tas disesuaikan dengan fungsinya. Adapun macam-macam tas tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Backpack

Tas backpack biasanya digunakan untuk membawa barang dengan ukuran medium seperti laptop, buku, atau barang-barang lebih kecil lainnya. Model tas ini dibawa di punggung sehingga lebih nyaman dipakai. Tas backpack kerap dipakai di acara semi formal hingga acara non formal seperti saat piknik.

  1. Waist Bag

Tas ini dikenaka dengan dua cara yakni disampirkan di bahu atau dilingkarkan di pinggang. Waist bag berfungsi untuk membawa dompet, handphone, atau pernak-pernik kecil lain. Jenis tas ini dipakai di acara santai, pestai, dan non-formal.

  1. Envelope Bag

Tas ini ini mirip seperti amplop, bentuknya pipih sehingga barang yang dimasukkan tak bisa terlalu banyak. Tas ini biasanya digunakan untuk membawa dokumen atau buku. Envelope bag cocok dipakai di acara formal.

  1. Bucket Bag

Jenis tas ini kerap dipakai wanita karena bentuknya unik, lucu, namun bisa menampung kebutuhan wanita seperti makeup, kaca kecil, dan sebagainya. Tas ini ditenteng pada bahu, cocok dipakai di acara non-formal.

  1. Cross Body Bacpack

Tas ini kerap disebut dengan mini backpack, namun bentuknya berbeda. Tas jenis ini biasanya dipakai oleh kaum pria di acara olahraga atau non formal untuk membawa ponsel hingga dompet.

  1. Messenger Bag

Tas ini punya ukuran cukup besar dan bisa muat beberapa barang seperti laptop, baju, dokumen, bahkan muat untuk sepatu. Messenger bag biasanya dipakai di acara semi formal.

  1. Shoulder Bag

Shoulder bag ditempatkan di bahu. Biasanya pemakai jenis tas ini adalah perempuan. Ukurannya kecil namun cukup dekoratif. Tas ini bisa digunakan di acara formal tergantung bentuknya.

  1. Minaudiere Bag

Tas ini kerap dikenakan di acara pesta mewah karena bentuk dan warnanya biasanya elegan. Tas ini terbuat daru bahan yang kaku, biasanya warnanya hitam pekat disertai pernak-pernik berkilau. Jenis tas ini cocok dikenakan dengan gaun pesta.

  1. Drawstring Bag

Tas ini menyerupai ransel namun bentuknya seperti bucket bag. Biasanya terbuat dari kanvas dan cocok dipakai di saat piknik atau santai.

  1. Quilted Bag

Berbeda dengan tas lain, tas ini justru menyerupai dompet karena cara membawanya hanya dijinjing. Jenis tas ini hanya bisa digunakan untuk membawa barang kecil seperti ponsel, kunci mobil, atau lipstik. Cocok digunakan di acara formal dengan pakaian gaun.

  1. Totebag

Jenis tas ini cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Bentuknya simpel, bahannya terbuat dari kanvas dan cukup bisa dipakai untuk membawa beberapa barang seperti buku, dompet, namun tak cocok untuk membawa laptop mengingat bahannya yang tips.

  1. Sling Bag

Sling bag memiliki kantong besar, namun tali (sling) yang kecil. Biasanya sling bag digunakan untuk membawa barang-barang seperti ponsel, kunci mobil, alat tulis, dan sebagainya. Jenis tas ini biasanya dipakai oleh kaum hawa di acara semi formal hingga non-formal.

Itulah informasi terkait jenis tas sesuai fungsinya. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.