Daftar <i>Brand</i> Mewah yang Terjun ke NFT Sepanjang 2023, Mulai Dari Louis Vuitton Hingga Tiffany & Co
Daftar perusahaan barang mewah yang terjun ke NFT. (Foto; Dok. The News Crypto)

Bagikan:

JAKARTA – NFT atau non-fungible token adalah aset digital yang unik dan tidak dapat dipertukarkan, yang disimpan di blockchain. NFT menawarkan kemungkinan baru bagi seniman, kolektor, dan perusahaan untuk menciptakan dan memperdagangkan karya digital yang otentik dan berharga.

Banyak merek mewah dunia yang tertarik untuk merilis koleksi NFT mereka, seperti Prada, Louis Vuitton, Tiffany & Co dan Gucci. Merek-merek mewah ini melihat potensi NFT untuk meningkatkan reputasi, loyalitas, dan pendapatan mereka di era digital.

Tren fashion di dunia metaverse tak kalah populer dengan tren fashion di dunia nyata pada tahun 2023. Jutaan pengguna ingin menunjukkan kepribadian, hobi, bahkan keuntungan finansial mereka.

Ini menjadi cara yang lebih baik bagi mereka dengan memanfaatkan kehadiran metaverse. Namun, seperti fashion di dunia nyata, dunia Web3 juga membutuhkan seseorang yang mengatur trennya.

Merek-merek fashion mewah melihat peluang ini setelah booming NFT pada tahun 2021 dan segera bergabung. Sekarang, acara-acara seperti Metaverse Fashion Week di Decentraland menjadi tuan rumah runway yang mengesankan dengan koleksi musiman.

Merek-merek mewah meningkatkan reputasi dan popularitas mereka, serta meningkatkan penjualan mereka, di ruang NFT. Berikut adalah daftar merek-merek mewah yang terjun ke ruang NFT sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

2. Prada

Jika ada merek fashion mewah yang menyukai NFT fisik, itu pasti Prada. Perusahaan ikonik ini meluncurkan koleksi NFT debutnya pada September 2022; pengguna harus membeli barang fisik mereka untuk mengklaim aset digital. Sampai saat ini, sepertinya Prada akan terus mengikuti sistem pencetakan NFT yang sama.

Sepanjang tahun 2022, Prada melanjutkan dengan meluncurkan beberapa NFT Timecapsule. Untuk mengklaim koleksi Prada, Anda harus memantau rilis pakaian fisik Timecapsule mereka yang akan datang. Pada saat penulisan, harga terendah untuk koleksi ini adalah 0,41 ETH.

2. Yves Saint Laurent

Merek fashion mewah terpilih dari L'Oréal Group, Yves Saint Laurent Beauté, membuat debut NFT pada Juni 2022. Dalam hal desain, 10.000 NFT YSL Beauty Golden Blocks pada dasarnya adalah blok 3D dengan latar belakang putih. Namun, setiap koleksi membuka pintu ke komunitas Web3 eksklusif merek ini.

Setengah tahun kemudian, pada Januari 2023, perusahaan ikonik ini meluncurkan koleksi baru untuk menghormati lini wewangian mereka, Black Opium. Seperti Prada, NFT ini juga datang bersamaan dengan pembelian wewangian fisik Black Opium dari situs web perusahaan.

3. Gucci

Dari semua merek di daftar kami, Gucci memiliki debut NFT yang paling dinantikan melalui Christie's. Rumah lelang bergengsi ini meluncurkan koleksi video NFT pertama merek ini, "Aria," pada Mei 2021, dan terjual seharga 25.000 dolar AS (Rp372 juta) per item.

Sepanjang tahun 2022, Gucci membuka toko mereka, VAULT, di The Sandbox, menampilkan pakaian vintage berharga mereka. Merek fashion mewah ini juga bekerja sama dengan 10KTF, bergabung dengan metaverse Roblox, dan bekerja sama dengan pencipta BAYC, Yuga Labs.

4. Louis Vuitton

Merek ikonik ini bergabung dengan dunia Web3 selama booming NFT pada bulan Agustus 2021. Drop pertama mereka sebenarnya adalah sebuah aplikasi game yang menampilkan maskot perusahaan, Vivienne, dalam perjalanan di Paris. Pemain harus mencari dan mengumpulkan NFT yang dibuat oleh Beeple, salah satu seniman NFT terlaris hingga saat ini.

Pada bulan April 2022, Louis Vuitton meluncurkan koleksi NFT PFP juga, yang juga menampilkan maskot Vivienne. Aset edisi terbatas ini hanya tersedia untuk pengguna yang bermain pengalaman Web3 Louis: The Game dan naik level.

5. Dolce & Gabbana

Tahukah Anda bahwa ini adalah rumah mode mewah fisik pertama yang merilis koleksi NFT? Diluncurkan pada bulan September 2021, debut D&G terjual dengan harga 5,7 juta dolar AS (sekitar Rp84 miliar).

Sejak itu, merek ini telah meningkatkan kehadirannya di Metaverse. Pada tahun 2022, Dolce dan Gabbana bekerja sama dengan nama-nama besar di pasar NFT, termasuk The Fabricant dan inBetweeners.

6. Tiffany & Co

Merek perhiasan mewah terkemuka Tiffany & Co memasuki dunia NFT dengan membeli NFT "Okapi" dari Rocket Factory milik Tom Sachs seharga 115 ETH pada tahun 2021. Hampir satu tahun kemudian, Tiffany & Co benar-benar menggebrak pasar dengan koleksi "NFTiff," yang didedikasikan untuk pemegang CryptoPunks saja.

Pada dasarnya, setiap pemegang CryptoPunk dapat mengklaim sebuah liontin yang terbuat dari berlian dan batu permata dengan harga 30 ETH per item. Drop unik ini terjual habis dalam 20 menit, mengumpulkan total 12,5 juta dolar AS atau sekitar Rp186 miliar.

Demikian 6 daftar merek mewah yang terjun ke dunia NFT.