Masih Ingat NFT Tiffany & Co. yang Dijual Seharga 30 ETH? Ludes dalam 20 Menit!
NFT Tiffany ludes dalam 20 menit. (Foto: dok. ITC)

Bagikan:

JAKARTA – Popularitas non-fungible token (NFT) kian meroket. Salah satunya adalah NFT CryptoPunks yang telah menarik perhatian selebriti papan atas. Selain itu NFT CryptoPunks juga berhasil membuat sejumlah perusahaan besar kepincut seperti Tag Heuer dan Tiffany & Co.

Tiffany & Co. merupakan perusahaan perhiasan terkemuka yang beberapa waktu lalu membuat perhiasan dalam bentuk NFT CryptoPunks sebanyak 250 item. Setiap perhiasan tersebut dibanderol seharga 30 ETH. Perhiasan dilengkapi dengan sejumlah berlian.

Kabarnya, perhiasan NFT CryptoPunks besutan Tiffany itu telah ludes terjual dalam 20 menit. Dari penjualan tersebut, Tiffany berhasil mengumpulkan sekitar 12,5 juta dolar AS (sekitar Rp185 miliar). Ini menjadikan Tiffany & Co. ke daftar perusahaan mewah yang menunjukkan minatnya pada seni digital NFT dan cryptocurrency.    

Melansir NFT Evening, Tiffany & Co. telah menjadi merek besar terbaru yang terjun ke dunia NFT dengan koleksi NFT eksklusif berbasis Ethereum, dan perhiasan fisik yang sesuai. Khususnya, koleksinya diluncurkan pada hari Jumat dan terjual habis dalam 20 menit. 30 ETH, harga setiap NFT, bernilai sekitar 50,000 dolar AS pada saat itu. Perusahaan menghasilkan 12.5 juta dolar AS dalam periode waktu itu.

Namun, tentu saja belum dikonfirmasi berapa banyak keuntungan yang didapat perusahaan dari penjualan tersebut. Setiap item dari koleksi Tiffany & Co NFT, yang mereka beri judul 'NFTiff', dapat langsung digunakan untuk menebus liontin fisik dari toko perhiasan terkenal di dunia.

Setiap liontin dapat digolongkan sebagai barang mewah itu sendiri, terbuat dari emas dan batu mulia lainnya, yang masing-masing dipilih untuk menciptakan kembali ciri-ciri Cryptopunks. Liontin-liontin ini akan dikirimkan pada awal tahun depan, karena akan dibuat sampai saat itu.

Siapa Pembeli NFT Tiff?

Perhiasan NFT CryptoPunks tersebut sebenarnya dijual untuk umum. Namun, dalam hal ini diutmakan pemegang NFT CryptoPunks yang dapat memilikinya sesuai dengan karakter NFT yang dimiliki.

Sebagai informasi tambahan, Tiffany & Co adalah peritel perhiasan mewah Amerika. Perusahaan memiliki kantor pusat di Fifth Avenue, New York. Didirikan pada tahun 1837 sebagai 'Tiffany, Young dan Ellis'. Sejak itu, mereka telah menciptakan nama untuk diri mereka sendiri sebagai salah satu perhiasan terbaik dan termewah di dunia.

Kendati begitu, nama Tiffany sudah terkenal karena perhiasan berlian dan peraknya. Saat ini mereka memiliki 326 lokasi di seluruh dunia, mempekerjakan 14.000 orang. Langkah Tiffany & Co NFT menunjukkan sisi baru, inovatif, dan modern bagi perusahaan, yang mungkin belum banyak kita lihat sebelumnya, karena mereka fokus pada perhiasan tradisional.

Di sisi lain, Tiffany & Co., sebagai perusahaan perhiasan mewah telah menunjukkan ketertarikannya pada aset digital NFT dan cryptocurrency bersama produsen jam tangan mewah Tag Heuer. Tag Heuer sendiri berencana menampilkan NFT dalam jam tangan digitalnya.