Marketplace NFT LooksRare: Pengertian, Pendiri, Token LOOKS, dan Cara Jual Karya Digital
Marketplace NFT LooksRare sediakan hadiah token kripto untuk penggunanya. (Foto; Dok. Abmedia)

Bagikan:

JAKARTA – Meroketnya popularitas seni digital NFT (Non-Fungible Token) dalam beberapa tahun terakhir telah memicu kemunculan sejumlah platform perdagangan NFT populer. Beberapa di antaranya adalah OpenSea, marketplace NFT Blur yang baru viral, dan Magic Eden. Selain itu, ada pula pesaing OpenSea, yaitu LooksRare.

Marketplace NFT tersebut telah menjadi tempat favorit bagi para pecinta, kolektor, dan kreator seni digital untuk memperdagangkan karyanya dalam sejumlah platform tersebut. Artikel ini akan menyoroti marketplace NFT LooksRare yang memberikan sejumlah keuntungan bagi penggunanya.

Pengertian Marketplace NFT LooksRare

LooksRare merupakan salah satu pasar NFT terkemuka di blockchain Ethereum yang menyediakan perdagangan non-fungible token (NFT). Platform ini menawarkan berbagai macam NFT, baik itu yang populer seperti Bored Apes maupun yang baru-baru ini dirilis.

Platform LooksRare sangat menghargai komunitas NFT. Oleh karena itu, mereka memberikan penghargaan kepada pencipta, kolektor, dan pedagang NFT dengan token utilitas aslinya, LOOKS. Motto mereka adalah "By NFT People, For NFT People", sehingga mereka menekankan pentingnya memberikan timbal balik kepada komunitas seni digital.

Saat ini, LooksRare membebankan biaya penjualan 2 persen untuk penjualan NFT. Menurut laporan NFT Evening, marketplace NFT ini menawarkan beberapa fitur menarik seperti reward trading, reward staking, dan banyak lagi. Selain itu, ia telah mengadopsi kerangka kerja modular untuk smart contract-nya, yang memfasilitasi penambahan fitur baru di masa mendatang.

Pendiri LooksRare NFT

LooksRare diluncurkan pada Januari 2022 oleh co-founder anonim dengan nama "Zodd" dan "Guts" sebagai pesaing OpenSea. Mereka berencana untuk menarik pengguna melalui beberapa fitur, terutama hadiah token LOOKS.

Token LOOKS

Platform ini memiliki token aslinya sendiri yaitu LooksRare Token (LOOKS). LOOKS dikembangkan di jaringan Ethereum dengan standar ERC-20. Kehadiran token LOOKS menjadi pembeda marketplace NFT ini dengan yang lain seperti OpenSea.

Token LooksRare (alias LOOKS) adalah token ERC-20 asli pasar yang didasarkan pada blockchain Ethereum. Fakta bahwa LooksRare memiliki tokennya sendiri membedakannya dari pasar NFT utama lainnya seperti OpenSea. Dengan total pasokan 1 miliar, token LOOKS saat ini diperdagangkan dengan harga 0,28 dolar AS per token saat penulisan.

LOOKS adalah inti dari berbagai program reward LookRare. Biasanya, pengguna LookRare dapat mempertaruhkan yang diambil untuk mendapatkan hadiah. Selain itu, platform ini memberi penghargaan kepada pedagang aktif untuk mendaftarkan koleksi NFT tertentu untuk dijual. Pengguna juga bisa mendapatkan hadiah perdagangan untuk membeli dan menjual NFT dari koleksi tertentu.

Cara Jual NFT di LooksRare

Untuk menjual NFT, Anda harus mencetak atau minting karya digital Anda terlebih dahulu. Minting NFT di LooksRare dapat dilakukan dengan menggunakan layanan pihak ketiga Manifold Studio. Setelah menghubungkan dompet Anda ke situs web, cari tab "Manifold" dan gunakan layanan tersebut untuk mengimpor file dan membuat NFT sebelum mendaftarkannya di LooksRare.

Jika sudah minting, maka Anda dapat menjualnya di platform LooksRare dengan mengikuti cara-cara berikut ini:

  1. Hubungkan terlebih dahulu dompet kripto Anda ke situs web LooksRare.
  2. Kemudian, klik tombol "Daftarkan NFT" dan pilih NFT yang ingin Anda jual.
  3. Setelah itu, klik opsi "Jual" dan tetapkan harga dan durasi penjualan yang diinginkan.
  4. Perlu dicatat bahwa LooksRare memiliki fitur "Daftar Bersyarat" yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan dua item untuk dijual. Namun, ketika satu item terjual, daftar lainnya akan dibatalkan. Fitur ini cocok bagi kreator yang ingin menjual satu NFT tetapi tidak keberatan dengan yang mana.
  5. Pastikan untuk memilih harga yang wajar dan sesuai dengan nilai NFT Anda, serta memperhatikan biaya penjualan 2% yang dikenakan oleh platform.
  6. Berpartisipasilah dalam program hadiah dan staking LooksRare untuk meningkatkan penghasilan Anda dari NFT.
  7. Promosikan NFT Anda melalui media sosial dan jaringan NFT lainnya untuk meningkatkan visibilitas dan peluang penjualan.

Demikian pengertian LooksRare dan pendirinya, serta cara menjual NFT di marketplace NFT LooksRare dengan mudah!