Mengenal OpenSea, Marketplace NFT Terpercaya Buat Jual Beli Seni Digital
Marketplace NFT OpenSea dan cara kerjanya. (foto: dok. OpenSea)

Bagikan:

JAKARTA – OpenSea telah menjadi marketplace NFT terpopuler sejak meledaknya sejumlah seni digital NFT ternama seperti CryptoPunks, Bored Ape Yacht Club (BAYC), Azuki, dan sebagainya. Banyak yang sudah tidak asing lagi dengan nama OpenSea, namun tidak sedikut pula yang belum mengetahui apa itu OpenSea.

Seiring berjalannya waktu, telah bermunculan berbagai pesaing OpenSea. Salah satunya adalah LooksRare. Kendati begitu, bagi yang belum familiar dengan OpenSea, VOI.id akan memaparkan apa itu OpenSea dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu OpenSea?

OpenSea adalah platform perdagangan NFT terbesar hari ini. Selain ditujukan sebagai tempat jual-beli, pengguna juga bisa mencetak (minting) NFT di OpenSea. Ini adalah marketplace NFT terdesentralisasi pertama yang dibangun di atas blockchain Ethereum.

Pengguna platform dapat menjual dan membeli serta mencetak koleksi digital NFT sendiri. OpenSea sebenarnya adalah platform sederhana untuk digunakan, dan siapa pun dapat menggunakannya dengan mudah.

Marketplace ini awalnya digunakan sebagai platform perdagangan CryptoKitties, yang merupakan salah satu aplikasi terdesentralisasi (DApps) pertama di blockchain Ethereum. Kini OpenSea telah berkembang dan menjadi marketplace NFT. Pengguna bisa memperdagangkan berbagai seni digital, meliputi musik, gambar, video, lukisan, GIF, item game, tanah virtual, ENS, dan sebagainya.  

Untuk saat ini, OpenSea merupakan salah satu platform perdagangan NFT yang terpercaya, baik itu untuk mencetak maupun memperdagangkan NFT. Karena didasarkan pada blockchain Ethereum, pengguna hanya memerlukan dompet Ethereum supaya bisa berinteraksi dengan dan menggunakan OpenSea. Dompet yang didukung termasuk MetaMask, Coinbase, Trust Wallet, MyEtherWallet, dan lebih banyak lagi.

Selain itu, OpenSea juga mendukung sejumlah blockchain lain seperti Polygon (MATIC) dan Klaytn (KLAY). Keduanya merupakan opsi yang dapat digunakan oleh pengguna selain Ethereum, yang merupakan blockchain utama. Selain itu, OpenSea juga menerima sejumlah pembayaran, termasuk stablecoin. Semua metode pembayaran terkait dengan kripto.

Cara Kerja OpenSea

Sebagaimana yang disinggung di atas, OpenSea dapat digunakan untuk membeli, menjual, dan mencetak NFT. Platform ini menggunakan smart-contract karena merupakan platform berbasis blockchain yang terdesentralisasi. Itu artinya, tidak ada satu otoritas pun yang mengontrolnya.

Smart-contract sendiri diprogram untuk memastikan tidak ada kecurangan di platform, dan para kreator dapat menjual NFT mereka dengan harga berapa pun yang mereka anggap sesuai.

OpenSea menggunakan standar ERC-721 dan ERC-1155 Ethereum untuk NFT. Standar ini digunkan untuk mengonfirmasi kepemilikan koleksi digital sehingga pengguna tidak mengklaim kepemilikan atas apa yang bukan milik mereka. Marketplace ini juga memfasilitasi transfer NFT, transaksi dilakukan langsung di jaringan Ethereum antara penjual dan pembeli.

Di sisi lain, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan tingginya biaya transaksi di jaringan Ethereum. Karenanya, OpenSea baru-baru ini memperkenalkan blockchain Polygon untuk memfasilitasi transaksi yang lebih cepat dan lebih murah. Pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang gas fee Ethereum dan mencaritahu mengapa biaya transaksi di jaringan Ether bisa begitu tinggi.

Mencetak NFT di OpenSea

Dalam beberapa tahun belakangan, wajah kesenian telah berubah dengan hadirnya seni digital NFT. Ini merupakan masa-masa peralihan dari karya seni berbentuk fisik ke digital. Platform seperti OpenSea akan sangat diandalkan untuk membuat dan mentransfer kepemilikan koleksi digital.

Untuk mendukung transisi karya seni dari yang fisik ke digital, pihak OpenSea menghadirkan layanan pencetakan NFT untuk para seniman maupun kreator NFT. Dengan fitur minting NFT ini, pengguna dapat dengan mudah mencetak NFT dan menyiapkan koleksi NFT. Di sisi lain, pengguna tidak harus punya pengalaman apa pun untuk mencetak NFT, dan hanya perlu beberapa langkah sederhana.

Untungnya, OpenSea sendiri tidak membebankan biaya apapun untuk mencetak NFT alias gratis. NFT yang dibuat bisa berupa apa saja mulai dari seni, musik, nama domain, dunia virtual, kartu perdagangan, barang koleksi, dan sebagainya.

OpenSea Tempat Jual Beli NFT

OpenSea dikenal terutama sebagai platform untuk membeli dan menjual NFT. Di sinilah pembuat konten menjual barang digital mereka, dan pembeli dapat membeli langsung dari mereka dalam perdagangan peer-to-peer.

OpenSea menyumbang penjualan NFT tertinggi, dan pembuat konten dapat dengan mudah menyasar pasar yang dituju dan mulai menjual NFT, mengumpulkan dana, serta memberikan airdrop NFT untuk pengikut mereka. Selain memperdagangkan NFT di OpenSea, platform ini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna memberikan hadiah NFT kepada pengguna OpenSea lainnya.

Tapi sebelum mencetak, menjual ataupun membeli NFT, pengguna diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu di OpenSea. Caranya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu memiliki salah satu dompet kripto seperti MetaMask, TrustWallet, Coinbase Wallet, dan sebagainya.

Jika sudah memiliki dompet kripto, maka pengguna hanya perlu menghubungkan (connect) OpenSea.io ke wallet milik pengguna. Jika langkah-langkah ini sudah dilakukan maka pengguna dapat melakukan transaksi NFT dengan mudah.