OpenSea Tidak Akan Dukung Ethereum Versi PoW
OpenSea dukung Ethereum versi Proof-of-Stake. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu platform perdagangan NFT terpopuler, OpenSea, bakal mendukung Merge Ethereum pada akhir bulan ini. Dengan kata lain, OpenSea tidak akan mendukung kemungkinan terjadinya percabangan (forking) ETH versi Proof-of-Work (PoW). Sebagaimana diketahui, Ethereum akan melakukan transisi dari PoW ke PoS (Proof-of-Stake) dalam fase The Merge.

Marketplace mengkonfirmasi dukungannya untuk Merge dalam tweet pada hari Rabu. “Kami berkomitmen untuk hanya mendukung NFT pada rantai PoS Ethereum yang ditingkatkan,” tulis keterangan OpenSea melalui postingan Twitter.

Ia juga mencatat bahwa setiap NFT yang beredar di fork ETHPoW yang mungkin terjadi, setelah penggabungan, tidak akan mendapat dukungan dari OpenSea. Selanjutnya, OpenSea mengharapkan terjadinya transisi ETH dari PoW ke PoS

Selain itu, perusahaan mengharapkan transisi yang mulus ke bukti saham Ethereum (POS). “Kami berkomitmen untuk memantau, mengelola, dan berkomunikasi secara keseluruhan,” katanya.

Penggabungan ini akan mengurangi konsumsi energi Ethereum lebih dari 99% sambil mempersiapkannya untuk sharding , solusi penskalaan lebih jauh di bawah roadmap protokol. Ini juga akan memungkinkan pemegang ETH untuk mempertaruhkan (stake) koin mereka dan mengamankan jaringan untuk mendapatkan keuntungan.

Namun, kumpulan penambang Ethereum Cina telah mengorganisir fork Ethereum yang akan mempertahankan proof-of-work melewati September. Meskipun belum dikonfirmasi, BitMEX telah mulai menawarkan perdagangan leverage untuk jariingan yang belum ada tersebut.

Organisasi seperti OpenSea hanya dapat mendukung aset yang beredar di salah satu jaringan agar tetap berfungsi. Sejauh ini, sebagian besar perusahaan besar berencana untuk memperlakukan jaringan PoS Ethereum.

Misalnya, dua penerbit stablecoin terbesar - Circle, dan Tether - telah setuju untuk hanya mendukung The Merge. Ini berarti bahwa USDC dan USDT yang beredar di fork lain akan kehilangan pasak mereka terhadap dolar. Sementara yang akan bertahan adalah yang menggunakan mekanisme PoS Ethereum.

Kendati begitu belum diketahui secara pasti apakah Ethereum versi PoW akan benar-benar ada pasca blockchain tersebut beralih ke mekanisme PoS. Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin sendiri sempat menyatakan bahwa transisi ETH dari PoW ke PoS merupakan ujian terbesar pengembang Ethereum.