Ini yang Akan Dilakukan Binance Sebelum dan Sesudah Merge Ethereum Rampung!
Bursa kripto Binance akan lindungi dana pengguna pasca Merge Ethereum. (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Setelah beberapa kali tarik ulur waktu implementasi The Merge Ethereum, kali ini proses peralihan dari model Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) ETH disebut akan berlangsung antara tanggal 10 September hingga 20 September. Transisi ETH dari PoW ke PoS tersebut dirumorkan bakal terjadi percabangan Ethereum, versi PoW dan versi PoS.

Merespon kemungkinan tersebut, salah satu bursa kripto terbesar di dunia, Binance, menyatakan akan melindungi dana pengguna apabila terjadi percabangan jaringan (forking ) ETH. Binance menumumkan akan mengembalikan dana penggunanya yang terpengaruh potensi fork Ethereum. Dana akan dikembalikan sejumlah yang sama dengan kepemilikan ETH mereka sebelumnya.

Binance Akan Tangguhkan Penyetoran dan Penarikan Ethereum

Sebagai langkah awal, Binance mengungkapkan bakal menangguhkan penyetoran dan penarikan kripto Ethereum dan jaringan ERC-20 selama konsensus Bellatrix dan peningkatan layer eksekusi Paris yang bakal dilakukan pada 6 dan 15 September.

Terlepas dari hasil Merge Ethereum yang akan dilakukan pada September mendatang, perusahaan perdagangan kripto terbesar di dunia itu mengisyaratkan dua skenario yang akan dilakukan pasca Merge Ethereum rampung.

Jika mainnet tidak terpecah, tidak ada token baru yang akan dibuat. Dalam hal ini, Binance akan membuka kembali setoran dan penarikan sesegera mungkin.

Di sisi lain, jika penggabungan menghasilkan fork dari jaringan Ethereum, token baru akan dibuat dan token jaringan PoS akan mempertahankan ticker "ETH". Binance akan mengembalikan uang pengguna 1:1 dari token yang bercabang.

“Kami kemudian akan mengkreditkan ke akun Binance pengguna token bercabang dari rantai minoritas dengan rasio 1:1, berdasarkan snapshot saldo ETH sebelum peningkatan lapisan eksekusi Paris,” tulis keterangan pihak Binance, dikutip dari CryptoSlate.

Untuk pengembalian dana, Binance akan menjalani proses pencatatan yang ketat sebelum perdagangan dimulai. Selain itu, Binance juga akan menyetop layanan staking ETH mulai 14 September hingga 16 September mendatang. Selanjutnya, jika proses Merge Ethereum sukses, maka Binance akan kembali membuka layanan staking ETH.