Vitalik Buterin Sebut Progres The Merge Sudah 90%
Pendiri Ethereum Vitalik Buterin umumkan progres The Merge ETH. (Precoin News)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri dan CEO Ethereum Vitalik Buterin menginformasikan perkembangan terbaru terkait peralihan ETH dari Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) lewat sebuah program yang disebut The Merge.

Buterin memaparkan bahwa pengembang Ethereum sedang tengah mengerjakan lima tahap program jangka panjangnya yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan jaringan Ethereum secara keseluruhan. Yang terbaru, pengembang ETH sedang mengimplementasikan The Merge.

Pendiri kripto nomor dua setelah Bitcoin itu menyampaikan bahwa The Merge sudah dilaksanakan sekitar 90%. Sisanya hanya diperlukan ujicoba Ropsten saja, kata Buterin.

CEO Ethereum tersebut menyampaikan progres transisi tersebut dalam sebuah konferensi tahunan Ethereum. Dia menguraikan peningkatan yang tengah digarap oleh tim pengembang baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Transisi Ethereum dari PoW ke PoS sebenarnya sudah lama ditunggu-tunggu oleh komunitas kripto dalam beberapa tahun terakhir.  Di sisi lain, Buterin menyampaikan bahwa sebagian besar pengujian sudah dilakukan dengan baik.

Menurut laporan Cryptopotato, Buterin lebih lanjut menambahkan bahwa validator akan dapat mulai menarik ETH yang telah mereka kunci (stake) dalam kontrak deposit setelah The Merge terjadi. Dia juga berkata, “setelah Merge Anda akan dapat membangun klien Ethereum yang bahkan tidak mengetahui fasea Proof-of-Work yang telah terjadi.”

Berdasarkan roadmap Ethereum, fase berikutnya setelah The Merge adalah The Surge yang akan fokus pada peningkatan skalabilitas jaringan dengan menghadirkan sejumlah fitur anyar termasuk sharding, tambah Buterin.

Selanjutnya, dia menguraikan apabila seluruh fase dalam roadmap-nya telah diimplementasikan, maka blockchain Ethereum diklaim “akan dapat memproses 100.000 transaksi per detik,” kata pendiri Ethereum itu.