Vitalik Buterin Bergabung dalam Pesta The Merge Ethereum Tinggalkan <i>Proof of Work</i>
Vitalik Buterin, co-founder Ethereum. (foto: @VitalikButerin)

Bagikan:

JAKARTA - Saat jam hitung mundur ke saat-saat terakhir dari The Merge Ethereum yang besar, salah satu pendirinya Vitalik Buterin bergabung dengan streaming langsung Pesta Penggabungan Ethereum Mainnet yang diselenggarakan oleh Yayasan Ethereum untuk membagikan pemikiran terakhirnya.

Ketika ditanya apakah dia senang dengan Penggabungan, Buterin menjawab bahwa dia “benar-benar bersemangat untuk keluar dari era proof-of-work.”

Co-founder  ini melanjutkan dengan mengatakan bahwa transisi bersejarah jaringan dari proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS) telah menjadi agenda selama bertahun-tahun:

“Ini jelas merupakan mimpi bagi ekosistem Ethereum sejak awal. Kami memulai penelitian bukti kepemilikan dengan posting blog di Slosher pada Januari 2014,” ungkap Buterin seperti dikutip Cointelegraph.

Menurut Buterin, penggabungan ini dapat dilihat sebagai penemuan kembali hukum fisika. PoW beroperasi dengan penggunaan fungsi dunia nyata seperti listrik, perangkat keras, dan komputer. Sedangkan dengan PoS, semuanya tervirtualisasi,  dan pada dasarnya memungkinkan kita membuat alam semesta simulasi yang memiliki hukum fisikanya sendiri.

Buterin mengatakan bahwa di antara motivasi terbesar untuk beralih adalah biaya tinggi dan jumlah besar penggunaan energi. Penggabungan dikatakan secara drastis mengurangi konsumsi energi sebesar 99,95%.

Dia juga menunjukkan bahwa ini tidak hanya akan baik untuk lingkungan, yang telah menjadi topik hangat di kalangan pecinta lingkungan terhadap ruang kripto, tetapi juga untuk “eksternalitas non-lingkungan.” Contohnya adalah kenaikan harga GPU (graphic processor unit) karena penambangan Ether (ETH).

Tak lama setelah sorotan mini Vitalik di streaming langsung, Merge akhirnya terjadi pada Kamis 15 September, pukul 06:42:42 UTC di blok 15537393. Penggabungan lapisan eksekusi mainnet Ethereum dan lapisan konsensus Beacon Chain terjadi di Terminal Total Kesulitan 58750000000000000000000. Setelah Penggabungan, jaringan tidak lagi bergantung pada mekanisme konsensus proof-of-work (PoW).

Buterin memberi selamat kepada komunitas dan mengantarkan era Ethereum berikutnya melalui cuitannya di Twitter.

Pengoptimalan baru ini memungkinkan pengembang dan pengguna untuk menskalakan jaringan dengan cara yang tidak mungkin atau tidak berkelanjutan di masa lalu. Ini adalah langkah penting dalam mendorong adopsi massal teknologi terdesentralisasi dan memasukkan miliaran berikutnya ke dalam ekosistem.