Tentang Ethereum Merge, Joseph Lubin: Itu Mungkin Bukan Apa-apa, Tapi Akan Berdampak Besar Bagi Industri Kripto
Ethereum Merge akan segera tayang. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Petinggi Ethereum dan ConsenSys, Joseph Lubin baru-baru ini mengomentari The Merge. Menurutnya, Ethereum Merge yang telah dinanti-nantikan diharapkan bakal segera tayang dalam waktu kurang dari 24 jam. CEO perusahaan perangkat lunak blockchain ConsenSys itu membagikan pandangannya terkait transisi penting Ethereum dan dampaknya bagi industri kripto.

Dalam wawancara dengan Bloomberg TV, Lubin mengutarakan peristiwa penting pertama adalah kelahiran Bitcoin pada 2009, kemudian yang kedua adalah penciptaan Ethereum pada 2015. Peristiwa penting ketiga adalah Ethereum Merge, menurutnya.

“Dalam hal dampak, dalam sejarah ekosistem kami, sejauh ini ada dua peristiwa besar. Munculnya Bitcoin dan pengembangan Ethereum, teknologi blockchain yang jauh lebih dapat diprogram dan ekspresif. Slotnya ada di nomor tiga menurut saya,” ujar Lubin.

Di sisi lain, meskipun banyak orang meragukan Ethereum Merge, tampaknya peningkatan tersebut akan memberikan dampak besar bagi seluruh industri kripto. Lebih lanjut, Lubin menunjukkan bahwa transisi tersebut tidak akan memberikan dampak negatif bagi pengguna maupun pengembang karena prosesnya mirip dengan peningkatan perangkat luak biasa yang terjadi secara otomatis.

“Tapi itu juga akan sangat mungkin tidak ada dalam arti bahwa tidak ada gangguan yang akan dialami oleh pengguna akhir. Hampir tidak ada gangguan yang dialami oleh pengembang perangkat lunak. Ini akan semulus jika iPhone atau laptop Anda telah meningkatkan sistem operasinya secara otomatis dalam semalam,” katanya dikutip dari CryptoPotato.

Ethereum Merge Segera Tayang Pada 15 September Ini

Ethereum Merge merupakan program transisi jaringan dari mekanisme Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) yang diklaim lebih hemat energi. Sebagai informasi, upaya peningkatan The Merge ini telah dikerjakan dalam beberapa tahun terakhir dan akan ditayangkan pada 15 September.

Sementara itu, salah satu pendiri BitMEX, Arthur Hayes mengutarakan pendapatnya terkait Ethereum. Mengingat para penggemar Ethereum percaya sifat deflasi ETH pasca The Merge bakal menjadikannya sebagai penyimpan nilai (store of value) yang dapat mengungguli Bitcoin sebagai cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Hayes justru berpikir sebaliknya. Menurutnya, Ethereum tidak dirancang untuk memiliki fungsi sebagai uang tapi ia dirancang menjadi jaringan komputer terdesentralisasi yang dapat digunakan oleh banyak orang.