Ethereum Merge Bakal Berlangsung, Pengembang Anonim Pertahankan ETH Versi PoW
Pengembang inti ETHW tolak Ethereum Merge. (Foto; Dok.Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – The Merge Ethereum bakal segera diimplementasikan dalam beberapa hari lagi. Peralihan ETH dari mekanisme konsensus Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) menjadi topik yang hangat dalam beberapa hari terakhir. Meski begitu, sejumlah pihak anonim berencana mempertahankan Ethereum versi PoW ketimbang beralih ke Ethereum PoS.   

Setelah Ethereum Merge terjadi dan blockchain beralih ke Proof-of-Stake (PoS), token cabang baru akan lahir yang disebut Ethereumpow (ETHW). Pada tanggal 12 September 2022, pengembang inti ETHW mengumumkan “mainnet ETHW akan terjadi dalam waktu 24 jam setelah The Merge.”

Postingan blog pengembang inti mencatat “waktu yang tepat akan diumumkan 1 jam sebelum peluncuran dengan penghitung waktu mundur dan semuanya termasuk kode akhir, binari, file konfigurasi, info node, RPC, penjelajah, dan lain-lain. Akan dipublikasikan ketika waktunya habis,” dilansir CryptoSlate.

Pengembang Ethereum PoW Tolak Beralih ke PoS

Tim ETHW telah menerbitkan surat terbuka kepada komunitas ETHW dan postingan blog yang diterbitkan pada 29 Agustus merangkum beberapa maksud proyek. Tim inti ETHW menjelaskan bahwa grup ini adalah sekelompok “geeks dan investor crypto dari seluruh dunia” dan mereka memilih untuk tetap anonim. Postingan tersebut merinci lebih lanjut alasan di balik upaya tim ETHW, dan para pengembang menyoroti bahwa regulasi blockchain “terus meningkat” dan “narasi Web3 berada di bawah tekanan serius.”

“PoS memang pengubah permainan, tetapi hanya dengan cara yang buruk. Namun demikian, PoW memiliki rekam jejak 12 tahun yang dapat diandalkan, kuat, dan tahan sensor. Adalah bijaksana untuk melanjutkan PoW Ethereum, yang seharusnya tidak perlu dipikirkan oleh mereka yang memperjuangkan keterbukaan dan pasar bebas karena tidak ada sisi negatifnya,” tulis tim inti Ethereum PoW.

Ethereum PoW Sudah Ada

Menurut keterangan dari postingan EthereumPoW di Medium, pengembang menyatakan bahwa ETHW tidak sedang dibuat tapi sudah ada dan akan tetap ada jika cukup banyak pengguna mendukung keberadaannya. Mereka menyatakan bahwa misi ETH adalah untuk tetap menjadi Ethereum.

“Vitalik dan Ethereum Foundation dan teman-teman mereka yang mengubahnya (ke PoS). Memang, mereka adalah pencipta Ethereum, tetapi apakah mereka adalah Ethereum itu sendiri? Dapatkah orang tua juga menjadi orang gila kontrol yang hanya peduli tentang keuntungan untuk diri mereka sendiri daripada kesejahteraan anaknya? Apakah seorang anak yang berpikiran independen akan selalu mengikuti (orang tua) secara membabi buta atau apakah dia akhirnya akan mulai mengatakan tidak?” sindir pengembang ETHW.