Setelah Tether, Kini Binance Dukung The Merge Ethereum
Binance siap dukung transisi Ethereum. (Futurypto)

Bagikan:

JAKARTA – Sejumlah pihak dari industri kripto menyatakan dukungan mereka terhadap The Merge Ethereum. Yang terbaru, Binance secara resmi mendukung transisi ETH ke model yang diklaim lebih ramah lingkungan, Proof-of-Stake (PoS).

The Merge merupakan tahapan di mana Ethereum melakukan transisi dari model Proof-of-Work (PoW) ke model yang lebih baru Proof-of-Stake (PoS). Dengan begitu, ETH 2.0 yang menggunakan PoS akan muncul. Informasi saja, selama ini Ethereum menggunakan model PoW yang memungkinkan aktivitas penambangan atau mining. ETH akan beralih ke PoS yang memungkinkan staking.

Binance merupakan platform pertukaran kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangannya. Binance juga memiliki token utama Binance Coin (BNB). Binance bergabung dengan penerbit stablecoin Tether dan Circle dalam mendukung proses peralihan Ethereum.

Informasi tersebut mencuat setelah beredarnya rumor yang menyatakan bahwa Ethereum PoW akan tetap ada kendati The Merge selesai diimplementasikan.

Dalam postingan blog hari Rabu,10 Agustus, Binance mengatakan “memantau dengan cermat” The Merge dan akan mendukungnya saat diluncurkan. Pertukaran mencatat bahwa acara tersebut berpotensi mengarah pada pembuatan fork atau token cabang Ethereum.

Melansir CryptoBriefing, Binance menambahkan bahwa itu akan “mengevaluasi dukungan untuk distribusi dan penarikan token bercabang.” Dengan kata lain, Binance telah mengisyaratkan bahwa ia berencana untuk mendukung ETH versi Proof-of-Stake sebagai pembaruan penting, tetapi tidak mengesampingkan fork ETH lainnya.

Transisi ETH dari PoW ke PoS ini merupakan proses penggabungan pertama yang dilakukan oleh kripto nomor dua terbesar di dunia. Ini menjadi  salah satu peristiwa penting dalam industri kripto. Pada 8 Juni lalu, CEO Ethereum, Vitalik Buterin sempat menyatakan bahwa transisi tersebut merupakan ujian terbesar pengembang ETH.

“Ini akan menjadi ujian besar, lebih besar dari semua tes yang telah kami lakukan sebelumnya,” ujar Buterin. “Mengambil jaringan uji besar yang ada dengan banyak aplikasi dengan Proof-of-Work, pindah ke Proof-of-Stake.”

The Merge akan dilakukan pada 19 September mendatang. Kendati begitu, sejumlah pihak lain menyatakan dukungannya apabila ETH akan melahirkan fork baru. Pendiri TRX Justin Sun merupakan salah satu pendukungnya. Menurutnya, dukungan untuk fork anyar itu sebagai bagian dalam melestarikan blockchain Ethereum yang menggunakan konsensus Proof-of-Work.