Bos Ethereum Vitalik Buterin Akan Luncurkan Buku <i>Proof of Stake</i>
Vitalik Buterin akan terbitkan buku tentang Proof-of-Stake. (foto: dok. TheCoinRepublic)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, berencana meluncurkan buku berjudul “Proof-of-Stake”. Ini sebagai bagian dari upaya Buterin untuk mengantisipasi penggabungan mainnet Ethereum yang akan berlangsung pada bulan September ini dalam fase The Merge.

Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan Buterin selama 10 tahun terakhir. Isinya terdiri dari pengembangan blockchain dalam bebarapa tahun terakhir.  Rencana itu disampaikan langsung oleh Vitalik Buterin dalam postingan Twitter-nya baru-baru ini.

Pada hari Rabu, 31 Agustus, Vitalik Buterin mengumumkan bahwa bukunya Proof of Stake: Pembuatan Ethereum dan Filosofi Blockchain, akan diluncurkan dalam waktu satu bulan. Tidak hanya dalam bentuk fisik, buku tersebut juga akan tersedia dalam versi digital.

Buku Buterin akan dirilis pada 27 September, dua minggu setelah tanggal peluncuran yang diharapkan dari penggabungan mainnet Ethereum. Buterin membuat pengumuman di Twitter, dengan mengatakan;

Proof of Stake, buku (fisik dan digital) yang mengumpulkan berbagai tulisan yang telah saya buat selama ~ 10 tahun terakhir, akan keluar dalam sebulan!” tulis Buterin pada 31 Agustus 2022.

Tidak hanya itu saja, Buterin juga akan memberikan tanda tangan digital dan NFT. Sementara, keuntungan dari hasil penjualan buku tersebut akan disumbangkan ke Gitcoin.

Buku tersebut merupakan kompilasi esai Buterin tentang perkembangan Ethereum selama bertahun-tahun. Tulisan-tulisan tersebut dikumpulkan dari esai-esainya sebelum dan selama kebangkitan Ethereum.

Karya Buterin itu mengungkapkan bahwa ketika orang lain tertarik untuk melihat harga token mereka naik, Buterin “sedang bekerja melalui masalah dan kemungkinan untuk menciptakan dunia internet yang asli.”

Ini merupakan buku pertama terkait blockchain yang ditulis langsung oleh praktisinya. Kendati begitu, Buterin tidak mengumumkan informasi yang lebih detail terkait harga buku dan di mana buku tersebut dapat diakses.