Vitalik Buterin Yakin Kolaborasi Dogecoin - Ethereum Akan Luar Biasa
Pendiri Ethereum Vitalik Buterin (Tangkapan Layar YouTube, Lex Fridman)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin mengungkapkan pendapatnya terkait uang kripto Dogecoin (DOGE) dalam sebuah acara podcast di kanal YouTube Lex Fridman. Buterin mengatakan jika ada penghubung antara Doge ke Ethereum maka transaksi koin meme tersebut akan lebih cepat hingga ribuan kali perdetik.

Mantan penulis cryptocurrency di Bitcoin Magazine itu mengatakan bahwa Ethereum tidak menjadi oposisi Dogecoin.

“Saya benar-benar tidak berpikir bahwa Ethereum adalah penentang koin anjing,” katanya, sebagaimana dikutip dari Bitcoin News.

Fridman menanyakan respon Buterin terhadap komentar Elon Musk di Twitter yang menganggapnya “takut pada Doge”. Buterin menanggapi hal tersebut:

“Saya tidak takut pada Doge, saya suka Doge, saya beli Doge, punya beberapa Doge dan masih hold,” kata Vitalik Buterin dalam wawancara tersebut.

Ketika Buterin ditanya apakah mungkin Dogecoin bisa meningkat dan “mengalahkan Bitcoin”, bos Ethereum itu mengatakan, “jika doge terhubung ke ethereum dan kemudian orang-orang bisa mempedagangkan doge ribuan kali per detik... itu akan luar biasa.”

Selain itu dia juga membahas pengembangan Ethereum 2.0, Dogecoin, pengaruh Elon Musk terhadap uang kripto dan koin tiruan Doge, Shiba Inu. Menurutnya, sosok Elon Musk punya kekuatan untuk mendorong pengembang mata uang kripto.

“Saya pikir jika kita bisa menghubungkan doge-ke-ethereum dengan aman itu luar biasa dan kemudian saat Ethereum mendapatkan skalabilitas yang berfungsi untuk aset Ethereum, Anda akan bisa memperdagangkan doge dengan biaya transaksi yang sangat rendah dan kecepatan yang sangat tinggi juga,” ujar Buterin.

Dia juga memaparkan bahwa jika itu terjadi maka itu akan menjadi "kolaborasi yang bagus."

Dukungan Buterin terhadap Dogecoin tersebut diamini oleh Elon Musk. Bos Tesla, SpaceX dan Neuarlink itu menyetujui pendapat Buterin melalui komentar Twitter-nya sebagai respon terhadap perkataan bos Ethereum tersebut.

“Saya sangat setuju dengan Buterin,” komentar Musk menanggapi Buterin.

Sebagai informasi, Ethereum (ETH) merupakan mata uang kripto terbesar nomor dua setelah Bitcoin (BTC). Beberapa waktu lalu, ETH mulai ditingkatkan guna menurunkan biaya transaksi yang tinggi, termasuk peralihan dari Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS).   

Sebelumnya, Musk mengungkapkan dirinya bakal membantu pengembangan Dogecoin. Dia juga berencana menjadikan uang kripto buatan Billy Markus dan Jackson Palmer itu sebagai “mata uang Bumi.”

Meskipun dalam beberapa kesempatan, kicauan Musk di Twitter kerap memicu penurunan dan kenaikan harga uang kripto, sosok kontroversial itu telah membantu mendorong harga DOGE ribuan persen dan kapitalisasi pasarnya mencapai 5 miliar dolar AS.

Itu menempatkan uang kripto meme tersebut menjadi salah satu dari 10 besar uang kripto saat ini. Dia melihat pertarungan yang tengah berlangsung saat ini, antara uang fiat yang diatur oleh bank sentral dengan uang kripto berbasis blockchain.