Vitalik Buterin Ingin Dogecoin dan Zcash Ikuti Langkah Ethereum yang Beralih ke Proof-of-Stake
Vitalik Buterin berharap Dogecoin beralih ke model Proof-of-Stake seperti yang dilakukan Ethereum. (Foto; Dok. Coincu)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Ethereum Vitalik Buterin berharap kripto lain seperti Dogecoin (DOGE) dan Zcash untuk beralih ke mekanisme Proof-of-Stake (PoS) dalam waktu dekat ini. Pernyataan tersebut disampaikan Buterin dalam acara blockchain Mainnet 2022 di sela-sela pembahasannya terkait pengembangan Ethereum selanjutnya pasca The Merge, yakni The Surge.

Ethereum berhasil mengimplementasikan The Merge pada 15 September lalu. Ini merupakan blockchain skala besar pertama yang berhasil beralih dari Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS). Meski begitu, konsekuensi dari perubahan signifikan ini belum terlihat dalam hal keamanan jaringan, skalabilitas, dan penggunaan, meskipun Ethereum Foundation mengklaim bahwa konsumsi energi telah menurun hingga 99,9 persen.

Melansir CryptoPotato, ketika Vitalik Buterini ditanya di acara Mainnet apakah semua jaringan PoW harus mengikuti contoh Ethereum, dia memberikan jawaban yang tegas. Buterin juga percaya dua mata uang kripto berbasis PoW saat ini - Dogecoin dan Zcash - bisa menjadi yang berikutnya.

“Saya akan mengatakan harus ... saat PoS matang, saya berharap itu akan meningkat dalam legitimasi dari waktu ke waktu. Saya berharap Zcash beralih dan saya berharap Dogecoin segera beralih ke PoS,” ujar pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, dalam acara Mainnet 2022.  

Menariknya, pengembang Dogecoin dan Zcash telah mencoba-coba ide transisi ke PoS, dengan yang terakhir meninjau kemungkinan pro dan kontra dalam postingan pada pertengahan 2022.

Tepat sebelum The Merge, Buterin menguraikan bagian selanjutnya dari roadmap Ethereum – The Surge. Sekarang, dia mengatakan itu tidak akan menjadi acara tunggal seperti Merge karena “akan berlangsung secara bertahap.”

Sejauh ini, Merge telah berubah menjadi acara jual-beli untuk token asli Ethereum, karena harganya turun dari dari 1.600 dolar AS menjadi di bawah 1.400 dolar AS hanya dalam waktu seminggu.

Selain itu, sentimen negatif dari para penambang Ethereum masih membayangi kripto nomor dua berdasarkan kapitalisasi pasar. Pasca The Merge diterapkan, para penambang dilaporkan mengalami kerugian. Selain itu, harga GPU juga mengalami penurunan signifikan di China.