Dogecoin Berhasil Salip Polkadot dalam Kapitalisasi Pasarnya
Dogecoin berhasil geser Polkadot dari posisi 10 besar kritpo terbesar. (Foto; Dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto meme Dogecoin (DOGE) baru-baru ini sukses memasuki 10 besar cryptocurrency berdasarkan kapitalisasi pasarnya. DOGE berhasil menjungkalkan Polkadot (DOT) dari posisi 10 dalam jajaran kripto terbesar di dunia.  

Saat ini, selisih valuasi antara kedua koin, DOGE dan DOT, adalah sekitar 2,3 miliar dolar AS. DOGE merebut kembali posisi dibantu oleh penurunan harga DOT lebih dari 11 persen selama seminggu terakhir, yang merupakan penurunan luar biasa bahkan dengan latar belakang sentimen negatif secara umum di pasar kripto.

Dengan kata lain, kemungkinan besar Polkadot telah kehilangan posisinya daripada Dogecoin yang telah mendorong pertumbuhannya sendiri. Namun, Dogecoin sekarang adalah mata uang kripto terbesar kedua yang beroperasi pada konsensus proof-of-work (PoW) setelah Bitcoin, dan berada di dekat puncak pasar kripto saat ini merupakan hal yang logis.

Saat penulisan kapitalisasi pasar Dogecoin berada di kisaran Rp113 kuadriliun. Sementara market cap Polkadot sejumlah Rp111 kuadriliun. Berdasarkan data Coingecko, DOGE diperdagangkan di harga Rp853 dan DOT di level Rp96.261. Masing-masing mengalami penurunan sebesar 8,1 persen dan 8,7 persen dalam 24 jam terakhir.

Kemunculan Dogecoin (DOGE)

Dogecoin menggunakan anjing Shiba Inu menggemaskan asal Jepang yang pernah terkenal sebagai meme populer pada 2013 lalu. Tulisan dalam koinnya pun menggunakan font Comic Sans.

Mulanya, Billy Markus yang merupakan seorang programmer dari International Business Machines Corporation (IBM) berencana membuat Dogecoin dengan tujuan untuk lelucon belaka. Namun, nyatanya Markus punya alasan pribadi tentang koin tersebut.

Melansir dari blog Binance, Markus beralasan bahwa mata uang kripto yang ringan sebagai guyonan bakal memiliki kesempatan besar dalam menarik perhatian (banyak pihak) daripada Bitcoin.

Di saat yang sama, Jackson Palmer yang berasal dari perusahaan teknologi Adobe tertarik untuk menginvestasikan dananya ke DOGE. Kemudian Billy Markus membuat website dogecoin.com.

Setelah mengunjungi laman tersebut, Billy Markus menghubungi Palmer untuk bekerja sama dalam pengembangan koin yang populer saat ini. Dogecoin mendapat sambutan positif sejak pertama kali kemunculannya pada 6 Desember 2013 lalu.

Uang kripto ini langsung menyebar di berbagai media sosial. Hal ini mendorong kapitalisasi pasarnya naik hingga menyentuh jutaan dolar AS. Salah satu orang terkaya di Bumi, Elon Musk adalah pendukung koin meme DOGE ini.