Bagikan:

JAKARTA – Belum lama ini, harga Dogecoin (DOGE) mengalami penurunan cukup signifikan. Terutama setelah Elon Musk tampil di acara televisi SNL, sekali pun ia telah mendorong kembali harga Dogecoin ke level yang lebih tinggi.

Berdasarkan laporan Cointelegraph, anehnya ketika musk mulai tampil di acara SNL pada 8 Mei kemarin, harga Dogecoin terkoreksi sebesar 42 persen. Padahal Musk, sang ibu, dan aktor SNL lain menyebut DOGE dalam sandiwara tersebut.

Kejadian tersebut merupakan kejadian yang sedikit berbeda, pasalnya Dogecoin diperdagangkan lebih dari 130 miliar dolar AS dalam satu pekan terakhir. Di sisi lain, kapitalisasi pasar Dogecoin juga telah mencapai 65 miliar dolar AS.

Kejadian ini menimbulkan pertanyaan apakah “whale” atau pemilik aset Dogecoin terbesar punya andil dalam memainkan perannya guna menurunkan harga DOGE?

Reli DOGE mendorong koin berlogo anjing Shiba Inu itu ke level tertingginya hingga masuk ke posisi empat besar uang kripto dengan kapitalisasi pasar. DOGE berhasil menggusur Tether (USDT), Ripple (XRP), Polkadot (DOT), dan Cardano (ADA).

Dari sisi pencarian Google, koin tersebut berhasil melewati primadona uang kripto Bitcoin (BTC). Ini merupakan kemenangan besar bagi para penggemar Dogecoin seperti Mark Cuban dan lainnya.

Whale atau paus yang merupakan sebutan bagi pemilik aset terbesar tampaknya sudah bermunculan sejak DOGE listing di platform perdagangan uang kripto Robinhood, sebagaimana yang dirangkum dari Cointelegraph.

Berdasarkan laporan Cointelegraph, terdapat 14 alamat pemegang Dogecoin terbesar. Sebanyak 4,66 miliar DOGE telah ditambahkan ke sejumlah alamat tersebut dalam 30 hari terakhir.

Namun dari para “paus” itu tidak terbukti adanya penjualan DOGE dalam jumlah banyak yang mereka lakukan dalam beberapa hari terakhir.

Dari segi volume, Dogecoin sendiri mengalami peningkatan sebanyak 290 persen dibandingkan pada minggu sebelumnya. Mekipun jauh dari jumlah puncaknya pada 16 April lalu yang telah mencapai 54 miliar dolar AS.

Sampai berita ini ditulis pada pukul 14:39, harga Dogecoin masih berada di level Rp 7.134. Meskipun para “Whale” punya peran penting dalam harga Dogecoin, namun mereka tidak terbukti melakukan penjualan besar-besaran.