Teka-Teki Pemilik <i>Address Wallet</i> DH5ya Punya 36,7 Miliar DOGE
Pemilik Dogecoin terbanyak (Business Insider)

Bagikan:

JAKARTA – Dogecoin (DOGE) telah menjadi perbincangan hangat dalam beberapa hari terakhir. Para penggemar Dogecoin mempertanyakan kepemilikan address wallet DH5ya yang dikabarkan mempunyai 36,7 miliar DOGE.

Pemilik alamat tersebut dikabarkan telah mengumpulkan 797 Dogecoin dalam satu minggu dan 3.755 selama sebulan. Sejumlah penggemar Dogecoin berspekulasi bahwa address DH5ya adalah milik whale atau paus, sebuah istilah dalam dunia kripto terkait kepemilikan terbesar cryptocurrency.

Penggemar DOGE yang lain mengira bahwa itu adalah address wallet milik bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Pasalnya, Musk kerap mencuitkan uang kripto tersebut sejak lama. Cuitan tentang Dogecoin masih berlangsung hingga saat ini. Kicauan Elon Musk biasanya mempengaruhi kenaikan harga DOGE.

Elon Musk punya Dogecoin (Tangkapan layar, Twitter)

Sedangkan yang lain menganggap bahwa address itu merupakan tempat penyimpanan yang ada di platform perdangangan uang kripto Robinhood. Hal ini segera ditanggapi oleh bos Robinhood.

Spekulasi yang bermunculan semakin mengaburkan kepemilikan address wallet DH5ya. DH5ya diyakini sebagai cold wallet atau dompet dingin yang ada di bursa Robinhood. Namun sampai saat ini misteri kepemilikan Dogecoin terbesar itu masih diselimuti misteri.

MIisteri pemilik Dogecoin terbanyak (Bitcoin.com)

Berdasarkan laporan Bitcoin.com, CEO Robinhood, Vlad Tenev menepis spekulasi tersebut. Dia mengaku hanya memberi akses kepada pelanggan untuk kepemilikan uang kripto tersebut.

“Kami tidak memiliki posisi yang signifikan dalam koin mana pun yang kami simpan atas dasar kepemilikan atau semacamnya,” kata Tenev.

BACA JUGA:


Meroketnya harga Dogecoin sejak awal 2021 lalu membuat uang kripto tersebut semakin fenomenal. Dogecoin yang diciptakan dari lelucon itu bukan lagi uang kripto yang layak jadi bahan tertawaan. DOGE telah mencapai level tertinggi sepanjang masa pada 0,73 dolar AS (sekitar Rp 10.488) beberapa waktu lalu.

Saat ini market uang kripto tengah anjlok akibat kebijakan pelarangan transaksi uang kripto oleh China, ditambah lagi dengan kemenangan Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC) dalam pertarungannya melawan Ripple (XRP) di meja hijau. Sentimen negatif ini memperlemah harga cryptocurrency.  

Saat berita ini ditulis pukul 17:52, harga Dogecoin berada di kisaran Rp 5.132. DOGE berada di posisi 6 uang kripto berdasarkan kapitalisasi pasarnya sebagaimana laporan data dari CoinGecko, Sabtu 22 Mei.