Mau Beli Dogecoin atau Shiba Inu? Begini Perbandingan Keduanya
Perbandingan Dogecoin dan Shiba Inu (Bitcoin.com)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam beberapa pekan terakhir, uang kripto berlogo anjing, Shiba Inu (SHIB) dan Dogecoin (DOGE) berhasil listing di sejumlah bursa kripto. Dogecoin telah hadir di Coinbase dan Shiba Inu di Indodax.

Meskipun Shiba Inu merupakan tiruan dari DOGE, namun keduanya mengalami kenaikan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Dogecoin dan Shiba Inu memiliki performa yang mengungguli market Bitcoin.

Melansir Bitcoin News, Dogecoin dan Shiba Inu telah memberikan keuntungan yang besar selama 2021 ini. Kedua koin tersebut sudah melampaui sebagian besar uang kripto terkait presentase peningkatannya.

Hingga saat ini, Shiba Inu baru berusia 10 bulan. Sedangkan Dogecoin telah dirilis pada 6 Desember 2013 lalu, kini berusia 7 tahun.

Dalam segi performa, meskipun Shiba Inu masih terbilang baru, data dari Coingecko menunjukkan bahwa pada 1 Januari 2021 ini SHIB telah diperdagangkan di level 0,00000001 dollar AS. SHIB berada di harga tersebut dalam beberapa pekan.

Namun, setelah itu, SHIB meroket hingga 90.100 persen hingga tembus 0,00000862 dollar AS. Sedangkan dalam satu bulan terakhir, harga DOGE mengalami penurunan 33 persen. Justru saat Dogecoin turun, Shiba Inu malah meroket 425,6 persen dalam satu bulan ini.

Meskipun demikian, dari segi statistiknya, SHIB mengalami kenaikan 13,8 persen dan DOGE telah melompat lebih tinggi lagi hingga menyentuh 27 persen dalam satu pekan terakhir.

Berdasarkan laporan dari Bitcoin News, para investor Dogecoin seharusnya berterima kasih kepada Elon Musk selama tahun ini. Selain itu, invetor SHIB juga pada gilirannya harus berterima kasih pada DOGE.

Sebagai informasi, Dogecoin merupakan uang kripto yang dibuat oleh programmer Billy Markus dan Jackson Palmer. DOGE sebenarnya ditujukkan untuk menjadi lelucon saja. Namun, secara mengejutkan popularitas uang kripto tersebut mulai merangkak naik.

Sementara Shiba Inu juga dirancang untuk hal yang serupa. SHIB dirancang oleh seseorang yang bernama Ryoshi. Namun, hingga saat ini identitas Ryoshi masih misterius dan belum terungkap.

Kedua koin tersebut memiliki komunitas yang kuat dan solid bernama Doge Army dan SHIB Army. Berdasarkan kapitalisasi pasarnya, uang kripto Shiba Inu berada di posisi 30 dengan kapitalisasi pasar sebesar 4,5 miliar dollar AS. Sedangkan sang “kakak”, Dogecoin menempati urutan keenam dengan jumlah kapitalisasi pasar 49 miliar dollar AS berdasarkan data dari Coingecko.

Selain itu, SHIB sudah tersedia di berbagai platform perdagangan kripto global seperti Binance, Crypto.com, Okex, Huobi, ShibaSwap, Coinbene, KuCoin, Coindcx, Profit Global dan yang terbaru di WazirX serta di bursa kripto Indonesia, Indodax.

Cara Membeli SHIB di Indodax

Untuk membeli SHIB di Indodax, pengguna harus terlebih dulu membeli stable coin yakni USDT. USDT bisa dibeli di market IDR. Jika sudah membeli maka pengguna bisa membeli SHIB dengan USDT.

Dari segi biaya pengiriman atau gas uang kripto SHIB dikenakn biaya 0,0019 ETH atau 5,32 dollar AS, sedangkan biaya pengiriman DOGE hanya dikenai 2,48 DOGE atau 0,933 dollar AS.

Total suplai SHIB sebanyak 497 triliun token, sedangkan jumlah DOGE hanya 129 miliar yang beredar saat ini.