Apa Itu Dogecoin? Mengenal Sejarah DOGE dan Komunitasnya Lebih Dekat
Sejarah Dogecoin dan komunitasnya (Tangkapan Layar, laman resmi Dogecoin)

Bagikan:

JAKARTA – Ketika Dogecoin (DOGE) naik daun, mungkin banyak orang bertanya-tanya apa itu Dogecoin? Untuk mengenalnya lebih jauh, uang kripto itu sendiri adalah salah satu cryptocurrency yang bermula dari meme. Meskipun demikian, sifat komikalnya itu tidak merusak keberlangsungan kripto Dogecoin.

Koin ini memiliki komunitasnya sendiri yang dikenal penuh dedikasi. Komunitas Dogecoin kerap membagikan sejumlah insentif Doge dalam beberapa tahun terakhir. Sikap kedermawanan komunitas DOGE ini memberikan tren positif bagi nilai Dogecoin itu sendiri. Sejak Bitcoin muncul pada 2009, setelah itu bermunculan uang kripto alternatif atau altcoin lainnya.

DOGE adalah cabang dari Litecoin (LTC). Dogecoin menggunakan anjing Shiba Inu yang pernah terkenal sebagai meme populer pada 2013 lalu. Tulisan dalam koinnya pun menggunakan font Comic Sans.

Mulanya, Billy Markus yang merupakan seorang programmer dari International Business Machines Corporation (IBM) menganggap rencana membuat Dogecoin hanya untuk lelucon belaka. Namun, nyatanya Markus punya alasan pribadi tentang koin tersebut.

Melansir dari Binance, Markus beralasan bahwa uang kripto yang ringan (bersifat komedi) bakal memiliki kesempatan besar dalam menarik perhatian (banyak pihak) daripada Bitcoin.

Di saat yang sama, Jack Palmer yang berasal dari perusahaan teknologi Adobe tertarik untuk menginvestasikan dananya ke DOGE. Kemudian Billy Markus membuat website dogecoin.com.

Setelah mengunjungi laman tersebut, Billy Markus menghubungi Palmer untuk bekerja sama dalam pengembangan koin yang populer saat ini. Dogecoin mendapat sambutan positif sejak pertama kali kemunculannya pada 6 Desember 2013 lalu.

Uang kripto ini langsung menyebar di berbagai media sosial. Hal ini mendorong kapitalisasi pasarnya naik hingga menyentuh jutaan dolar AS.

Komunitas Dogecoin

Komunitas Dogecoin merupakan komunitas yang kerap melakukan kegiatan amal seperti penggalangan dana untuk permasalahan sosial dan sebagainya. Komunitas Dogecoin di platform Reddit r/Doogecoin pernah menyumbangkan sejumlah DOGE untuk menghargai pembuat konten guna mendorong kreativitas mereka dalam menciptakan karya.

Spirit beramal komunitas Dogecoin ini terus berlanjut. Pada 2014 lalu, mereka menggalang dana hingga mencapai 30 ribu dolar AS untuk membantu sebuah tim olahraga di Jamaika agar bisa ikut serta dalam Olimpiade Musim Dingin Sochi.

Komunitas Dogecoin juga terus menggalang dana untuk kemaslahatan sosial. Mereka mengkampanyekan Doge4Water. Dari penggalangan dana tersebut Komunitas Dogecoin berhasil mengumpulkan 30 ribu dolar AS untuk membantu penduduk Kenya menggali sumur ketika kekeringan melanda negara tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, fans Dogecoin menjadi sponsor balapan mobil NASCAR bagi pembalap Josh Wise dengan total dana terkumpul sebanyak 50 ribu dolar AS dalam bentuk uang kripto DOGE. Gara-gara komunitas Dogecoin ini, Wise pun menghiasai bagian mobil balapnya dengan gambar anjing Shiba Inu, simbol DOGE.

Pada 24 April lalu, komunitas Dogecoin berbela sungkawa ketika salah satu perancang DOGE meninggal akibat kanker. Di Reddit, mereka diajak untuk mengheningkan cipta atas kematian sang perancang utama bernam Sporklen.

Bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk pernah mengunggah postingan tweet-nya yang mengatakan bahwa DOGE merupakan uang kripto favoritnya. Cuitan-cuitan Musk pun kerap mendongkrak harga Dogecoin lebih tinggi lagi. Hal ini merupakan kegembiraan bagi para penggemar Dogecoin.

Cuitan terkini Musk pada 28 April lalu, “The Dogefather SNL May 8”, berhasil membuat harga DOGE meningkat dari harga normalnya ketika uang kripto lain sedang turun.