<i>Hodler</i> Dogecoin Siap-Siap! DOGE-1 Bakal Diluncurkan ke Bulan Pada Awal Tahun 2022
DOGE-1 akan diluncurkan pada awal tahun depan (Cryptopotato)

Bagikan:

JAKARTA – Misi pendaratan kripto Dogecoin ke Bulan direncanakan bakal meluncur pada awal tahun 2022 mendatang. Jadwal penerbangan misi DOGE-1 tersebut mencuat setelah Geometric Energy Corporation (GEC) menjalin kemitraan dengan Unizen dan ZenX pada Mei lalu. Peluncuran DOGE-1 sepenuhnya didanai dengan mata uang kripto Dogecoin.

Menurut laporan Invezz, misi tersebut juga bakal membawa satelit CubeSat seberat 40 kg ke Bulan. Perusahaan juga menghadirkan layanan penggunaan aset digital. ZenX yang merupakan inkubator keuangan terdesentralisasi mengungkapkan bahwa saat ini sejumlah pihak terlibat dalam pembangunan dan peluncuran DOGE-1.

CubeSat juga diprediksi akan melakukan perjalanan ke orbit bulan secara stabil untuk mengamati sebagian permukaan Bulan melalui kamera dan sensor. Kemudian CubeSat akan mengirimkan data ke GEC untuk dilakukan analisa mendalam. Misi tersebut didanai dengan kripto Dogecoin (DOGE) yang tidak disebutkan jumlahnya.

DOGE-1 akan diluncurkan dengan menggunakan roket SapaceX, Falcon 9. CubeSat bakal bergabung dengan ribuan CubeSat lainnya di luar angkasa. Selain itu, CubeSat juga bakal meluncur ke orbit rendah Bumi, antara 100 hingga 1.200 mil di atas permukaan Bumi. Sedangkan DOGE-1 yang akan menuju Bulan bakal ditempatkan di sekitar 250.000 mil dari permukaan Bumi. Momen ini menjadi tonggak baru kripto bagi penerbangan luar angkasa global.

CAPSTONE NASA ditetapkan sebagai CubeSat pertama yang mencapai bulan, tetapi telah tertunda beberapa kali dan memiliki tanggal peluncuran saat ini pada akhir Maret 2022. Ini berarti bahwa DOGE-1 bisa menjadi CubeSat pertama dalam sejarah yang mencapai bulan, menandai pencapaian signifikan untuk penerbangan luar angkasa global. Dengan peluncuran misi tersebut, kemungkinan besar kripto Dogecoin akan mendapat utilitas baru di luar Bumi.

“Setelah secara resmi bertransaksi dengan DOGE untuk kesepakatan sebesar ini, Geometric Energy Corporation dan SpaceX telah memantapkan DOGE sebagai unit akun untuk bisnis bulan di sektor luar angkasa,” kata CEO Geometric Energy, Samuel Reid.

Sedangkan menurut Vice President of Commercial Sales SpaceX, misi DOGE-1 ditetapkan sebagai fondasi awal perdagangan antarplanet. Pemberitaan tersebut muncul di saat harga kripto Dogecoin melanjutkan tren sideways. Kripto Dogecoin sempat tembus harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) pada 8 Mei 2021 lalu di level Rp10.338. Harga DOGE mengalami penurunan sebesar 3,4 persen dalam 24 jam terakhir menurut laporan data dari Coingecko.