Pencipta Koin Meme Dogecoin, Billy Markus Ungkap Penulis Kode DOGE adalah <i>Developer</i> Bitcoin
Penulis kode Dogecoin adalah pengembang Bitcoin, kata Billy Markus. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Belum lama ini pendiri Dogecoin (DOGE), Billy Markus, mengungkapkan penulis kode DOGE melalui postingan Twitter-nya. Markus merupakan salah satu pendiri koin meme berlogo anjing shiba inu bersama rekannya Jackson Palmer.

Dalam unggahan dari akun resminya, yang menggunakan nama handle Shibetoshi Nakamoto, Markus menyatakan bahwa para penulis kode Dogecoin adalah para pengembang Bitcoin.

Markus menulis dialog berupa tanya jawab dalam postingannya:

“Pertanyaan: Siapa yang paling banyak menulis kode Dogecoin?

Jawaban: Pengembang Bitcoin.”

Mengomentari postingan rekannya, Palmer kemudian menyertakan tautan ke laman Github terkait kontribusinya. Tidak lama kemudian, Palmer menghapus komentar berisi tautan tersebut di postingan Billy Markus.

Markus kemudian menjelaskan bahwa mereka (pengembang Bitcoin) tidak membuat Dogecoin, namun koin meme tersebut sebagian besar menggunakan kode Bitcoin.

Sejarah Dogecoin (DOGE)

Dogecoin menggunakan anjing Shiba Inu yang pernah terkenal sebagai meme populer pada 2013 lalu. Tulisan dalam koinnya pun menggunakan font Comic Sans.

Mulanya, Billy Markus yang merupakan seorang programmer dari International Business Machines Corporation (IBM) berencana membuat Dogecoin dengan tujuan untuk lelucon belaka. Namun, nyatanya Markus punya alasan pribadi tentang koin tersebut.

Melansir dari blog Binance, Markus beralasan bahwa mata uang kripto yang ringan sebagai guyonan bakal memiliki kesempatan besar dalam menarik perhatian (banyak pihak) daripada Bitcoin.

Di saat yang sama, Jackson Palmer yang berasal dari perusahaan teknologi Adobe tertarik untuk menginvestasikan dananya ke DOGE. Kemudian Billy Markus membuat website dogecoin.com.

Setelah mengunjungi laman tersebut, Billy Markus menghubungi Palmer untuk bekerja sama dalam pengembangan koin yang populer saat ini. Dogecoin mendapat sambutan positif sejak pertama kali kemunculannya pada 6 Desember 2013 lalu.

Uang kripto ini langsung menyebar di berbagai media sosial. Hal ini mendorong kapitalisasi pasarnya naik hingga menyentuh jutaan dolar AS. Salah satu orang terkaya di Bumi, Elon Musk adalah pendukung koin meme DOGE ini.