Michi Lumin Sukses Lakukan Transaksi Pertama Dogecoin Gunakan Radio, Bukan Internet
Transaksi dogecoin (DOGE) pertama dikirim melalui transmisi radio. (foto: twitter @michilumin)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 22 April 2022, transaksi dogecoin (DOGE) pertama dikirim melalui transmisi radio dengan bantuan dari jaringan satelit Starlink global sukses dilakukan. Berita itu diungkapkan oleh pengembang Dogecoin, Michi Lumin, yang men-tweet tentang subjek tersebut pada Jumat, 22 April.

"Hai. [Saya] mengantuk lagi, jadi tidak usah banyak bicara, tapi lakukan saja ini, mengirim 4.2069 dogecoin (dari BudZ heh) 100 mil (dengan @tjstebbing dan @KBluezr mendengarkan di penerima sejauh 810 mil), hanya menggunakan libdogecoin, radio, dan akhirnya diteruskan ke mainnet di ujung lain melalui Starlink,” kata Lumin dalam cuitannya.

Dogecoin bukanlah cryptocurrency pertama yang dikirim menggunakan radio. Konsep seperti jaringan mesh, peralatan radio amatir, dan antena portabel telah memungkinkan orang untuk mendorong transaksi BTC tanpa akses internet.

Sam Patterson, mantan COO OB1, pernah menjelaskan pada 2019 bahwa radio lebih bersifat peer-to-peer (P2P) daripada jaringan P2P yang dibangun di web.

“Jaringan peer-to-peer yang dibangun di internet memiliki daya pikat khusus karena rasa ketahanan yang mereka miliki tanpa titik pusat kegagalan,” tweet Patterson pada 15 Februari 2019. “Agak menyesatkan: mereka benar-benar dibangun di atas banyak komputer dan hubungan di antara mereka. Tidak benar dengan radio. Benar-benar rekan sejawat.”

Transaksi dogecoin (DOGE) yang dikirimkan oleh Michi Lumin dan kawan-kawan dilakukan dengan HF/LoRaWAN (teknologi radio murah) yang dipadukan dengan jaringan satelit Starlink.

“Transaksi dogecoin pertama terjadi tanpa internet, menggunakan Radio Doge. Banyak wow, ”tulis seorang pendukung dogecoin pada Jumat lalu.

“Radio Doge akan memungkinkan akses ke dogecoin untuk orang-orang di luar jangkauan internet,” tambah orang tersebut.