Gunakan Teknologi Starlink, Transaksi Dogecoin Bisa Dilakukan Tanpa Internet
Dogecoin bakal bisa digunakan meski tanpa internet. (Dogecoin Foundation)

Bagikan:

JAKARTA – Raja koin meme Dogecoin (DOGE) yang mendapat dukungan dari bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk, baru-baru ini dikabarkan mendapat peningkatan dalam hal utilitasnya yakni transaksi DOGE bakal bisa dilakukan secara offline alias tanpa perlu menggunakan jaringan internet.

Hal tersebut bisa dilakukan karena menggunakan teknologi Starlink milik SpaceX sebagaimana pengumuman dari laman resmi Dogecoin Foundation yang ditulis oleh Timothy Stebing dan Michi Lumin di website foundation.dogecoin.com.

Tidak hanya itu, Dogecoin Foundation juga memberi bocoran terkait sejumlah proyek penting DOGE termasuk GigaWallet dan RadioDoge. Infrastruktur RadioDoge sendiri dikabarkan sedang dalam tahap pembangunan.   

Dilansir dari Watcher.Guru, RadioDoge berfokus pada penggabungan teknologi radio berbiaya rendah (HF/LoRaWAN) dengan jaringan satelit Starlink di seluruh dunia untuk memungkinkan akses Dogecoin skala luas dan berbiaya rendah bagi mereka yang tinggal di luar cakupan infrastruktur internet tradisional.

Dogecoin bisa digunakan untuk transaksi tanpa internet. (Dogecoin Foundation)

Dengan adanya dukungan ini, komunitas DOGE akan dapat melakukan transaksi tanpa perlu menggunakan internet. Sementara itu tim Dogecoin telah bekerja untuk menyediakan fundamental RadioDoge dan GigaWallet dengan Libdogecoin. Libdogecoin adalah blok bangunan untuk pembuatan proyek Dogecoin. RadioDoge akan bertindak sebagai teknologi dasar untuk menjadi tempat pengujian inovasi.

“Misi Dogecoin Foundation adalah untuk melihat Dogecoin secara de facto untuk menjadi alat tukar barang dan jasa secara global. Dikombinasikan dengan mantra ‘Do Only Good Everyday’, jelaslah bahwa adopsi akar rumput di negara berkembang dan sebagai sarana untuk membebaskan orang untuk menikmati otonomi keuangan yang sama yang kita anggap remeh merupakan skenario yang saling menguntungkan,” tulis keterangan di laman resmi Dogecoin Foundation.

Sebagai informasi, Do Only Good Everyday merupakan semboyan yang mengikat kebersamaan komunitas Dogecoin di dunia. Ini mengarahkan komunitas untuk terus berbuat kebaikan di mana pun mereka berada sehingga bisa menimbulkan dampak positif bagi lingkungan.

Pihak Dogecoin Foundation menyatakan bahwa ini masih “tahap awal untuk menjadikan Dogecoin sebagai kendaraan finansial yang tak terhentikan, yang akan memberdayakan kebebasan finansial dari struktur kekuasaan dan menyediakan sarana pertukaran untuk generasi mendatang.”